Interaksi Manusia Komputer, Sebuah Pengantar

Interaksi Manusia Komputer
Dosen Pembimbing : H. Syahiduz Zaman, M.Kom
(10 September 2012)




Salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Teknik Informatika UIN Maliki Malang semester satu adalah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)  atau disebut juga Human Computer Interface (HCI). Apakah IMK itu ?


Tujuan Pembelajaran IMK

Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan ini selama satu semester, maka diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mengimplementasikan teori ini dalam setiap pembuatan tampilan, dan menganalisis setiap tampilan program sehingga users dapat menggunakan tampilan tersebut dengan waktu yang lebih lama dan puas.


Pendahuluan IMK

Komputer merupakan suatu mesin yang dibuat untuk membantu kehidupan manusia untuk semua bidang, seperti perbankan, transportasi, pendidikan, pemerintahan, perdagangan, militer dan sebagainya.

Waktu kita menggunakan komputer, tanda disadari kita sedang melakukan dialog dengan komputer dan waktu kita memberikan perintah kepada komputer maka kita akan melihat hasil dari perintah tersebut di layar komputer.


Perkembangan teknologi hardware maupun software semakin hari semakin cepat dan sulit diprediksi. Meski pada hakikatnya, komputer merupakan mesin yang sangat bodoh, namun manusia mampu membuatnya menjadi begitu cerdas. Untuk membuat komputer cerdas, manusia harus tahu bagaimana membuat perintah atau instruksi yang bisa dimengerti dan dijalankan oleh komputer. Interaksi manusia dan komputer (Human Computer Interaction – HCI) adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem komputer maupun sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.

Peran utama dari HCI adalah untuk menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien. Model interaksi antara manusia dengan sistem melibatkan tiga komponen, yaitu pengguna, interaksi dan sistem itu sendiri.
Kunci utama HCI adalah daya guna  (usability), yang berarti bahwa suatu sistem harus mudah digunakan, memberi keamanan kepada pengguna, mudah dipelajari dan sebagainya.


Pengertian IMK

Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)

IMK dapat diartikan sebagai Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya, pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.

Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri.



1 Response to "Interaksi Manusia Komputer, Sebuah Pengantar"

  1. Terima kasih mas Fauzan atas artikelnya, saya ijin salin buat tugas mata kuliah ya

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel