Pengantar Sistem Informasi

Sistem Informasi (Pertemuan 1)
Dosen Pembimbing : H. Syahiduz Zaman, M.Kom
( 20 Februari 2013)


 

Sekilas Tentang Sistem Informasi 
                 Mata kuliah Sistem Informasi tentunya menjadi salah satu mata kuliah wajib bagi para mahasiswa yang sedang belajar di Jurusan Teknik Informatika, bahkan Sistem Informasi telah menjadi Jurusan tersendiri di Universitas-universitas besar di Indonesia bahkan dunia. Lantas,  Apakah Sistem Infomasi berbeda dengan Teknik Informatika ataupun rumpun keilmuan teknologi informasi lain hingga membentuk Jurusan tersendiri? Tentu saja bagi kalangan awam tampak sama saja... Padahal cakupan keilmuannyanya jelas berbeda lho.... (^_^)

                Teman-teman, mengingat begitu luasnya cakupan keilmuan dari komputer, maka di Indonesia sendiri ada pengklasifikasian khusus agar apa yang dipelajari nantinya lebih terkonsentrasi dengan baik. Saat ini lebih dipadatkan menjadi 3 klasifikasi keilmuan Dan salah satu klasifikasinya adalah Sistem Informasi (Information System) yang akan kita pelajari sekarang ini. Sebenarnya mata kuliah dari masing-masing Jurusan yang cakupannya berbeda tadi nyaris 'sama' . Hanya saja, Pembobotannya berbeda. Bobot inilah yang nantinya akan menentukan jalur karier dan bidang kerja lulusan. Pengklasifikasian tersebut antara lain :
  • Computer Science untuk Prodi (Jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. 
  • Computer Engineering untuk Prodi Sistem Komputer ataupun Teknik Komputer
  • dan Information System untuk Prodi Sistem Informasi ataupun Manajemen Informatika

Pengertian Sistem Informasi

              Ditinjau dari asal katanya, Sistem Informasi terdiri atas 2 kata pembentuk yang perlu kita cari lebih dahulu pengertiannya. Yupz, Sistem Informasi terdiri atas Sistem dan Infomasi...
Jadi Apa yang dimaksud dengan Sistem? Dan apa yang dimaksud dengan Informasi?

Sistem berasal dari bahasa latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem)

0 Response to " Pengantar Sistem Informasi"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel