Dasar-Dasar Sistem Informasi Dalam Bisnis

Sistem Informasi (Pertemuan 2)
Dosen Pembimbing : H. Syahiduz Zaman, M.Kom
( 6 Maret 2013)


1.  Konsep Dasar System Informasi dalam Bisnis
Konsep dasar keprilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial termasuk mengenai berbagai
komponen dan peran sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar yang berasal dari teori sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan
untuk mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.

2.  Teknologi Informasi

Konsep - konsep utama, pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi
yaitu meliputi hardware, software, jaringan, manajemen data, dan banyak teknologi
berbasis internet.

3.  Aturan Dasar System Informasi Bisnis

Aturan Sistem Informasi Bisnis adalah untuk memberikan sebuah informasi yang menyeluruh kepada para bisnis untuk melakukan transaksi mereka pada suatu kasus. Mulai dari perjanjian kerjasama, kasus-kasus di masa lampau, peraturan-peraturan pemerintah, opini legal, memorandum dan lain sebagainya.

4.  Tipe system informasi

Dilihat dari peran utamanya, sistem informasi dapat dibagi menjadi dua tipe umum:
1. Sistem Pendukung Operasi
2. Sistem Pendukung Manajemen

Sistem Pendukung Operasi terdiri dari:

  • Sistem Pemrosesan Transaksi. Sistem yang dipakai untuk mengintegrasikan proses transaksi di dalam organisasi, biasa terbagi menjadi dua proses: Sistem Offline dan Sistem Online. Offline, apabila pemrosesan data dengan menyalin data manual terlebih dahulu, sedangkan online, apabila pemrosesan data langsung masuk ke dalam sistem. Sistem online masih terbagi lagi kedalam dua jenis: online batched dan online real-time.
  • Sistem Pengendalian Proses. Sistem yang dipakai untuk mengendalikan proses secara fisik, misalnya pada sistem otomatisasi mesin.
  • Sistem Kolaborasi Perusahaan. Sistem yang dipakai untuk meningkatkan kolaborasi sertakerja tim di dalam perusahaan, misalnya penggunaan forum atau email atau media komunikasi lainnya.

Sistem Pendukung Manajemen terdiri dari:

  • Sistem Informasi Manajemen. Sistem yang dipakai oleh manajemen untuk mengelola informasi atau bahkan mengelola sistem informasi yang ada di dalam organisasi.
  • Sistem Pendukung Keputusan. Sistem yang dipakai oleh manajemen untuk membantu didalam pengambilan keputusan atas masalah-masalah yang terstruktur. Biasanya dapat menggunakan metode analisis What-If.
  • Sistem Informasi Eksekutif. Sistem yang mengintegrasikan informasi internal dan eksternal organisasi untuk dapat dilihat dan dianalisis oleh eksekutif perusahaan. Misalnya, untuk melakukan peramalan penjualan atau bahkan peramalan demand.
Sistem Informasi Lainnya

  • Sistem Ahli. Sistem yang mampu menyediakan hasil analisis ahli (keuangan, hukum, pasar,pajak, dll) untuk suatu pengambilan keputusan.
  • Sistem Manajemen Pengetahuan. Sistem yang mendukung penyimpanan, pembuatan, serta pendistribusian pengetahuan di dalam organisasi.
  • Sistem Bisnis Fungsional. Sistem yang terfokus pada kegiatan oleh satu jenis fungsi.
  • Sistem Informasi Strategis. Sistem yang mendukung operasi serta manajemen organisasiuntuk pencapaian keunggulan kompetitif atas produk, jasa, maupun kemampuannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dasar-Dasar Sistem Informasi Dalam Bisnis"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)