Membuat Database Dengan SQL Yog

Sistem Informasi (Pertemuan 7 & 8)
Dosen Pembimbing : H. Syahiduz Zaman, M.Kom
( 10 April 2013)

 


Baiklah teman-teman, materi dalam blog saya kali ini adalah tutorial bagaimana membuat database dari SQL Yog. Mungkin teman-teman ada yang masih bingung, apa sih database itu... Ya sudah saya jelaskan dulu.. 

Database itu... adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan olehpara pengguna... Yang intinya.. database akan menjadi Sistem Informasi yang dibutuhkan oleh user atau siapapun yang membutuhkan..

Nah, untuk membuat database, harus melalui perangkat lunak tertentu yang sudah diciptakan untuk database maker.. dalam tutorial saya nanti, saya akan membuat database melalui Xampp dan SQL Yog..

Sekarang, kita buat databasenya. Sebelum membuat databasenya di SQL Yog. Kita perlu membuat pondasi databasenya pada Xampp, 


Hingga Nantinya, kita memiliki dua lokasi penyimpanan database kita, yang pertama ya di Xampp ini. Kita buat nama database pada Xampp dengan nama "mahad", penamaan ini sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan kita yang mau membuat database apa, karena saya butuh untuk membuat Sistem Informasi tentang mahad saya maka akan saya buat databasenya.

 Lantas kita buka SQL Yog kita dan mengkonekkannya dengan database yang kita buat pada Xampp 


Kemudian klik connect, dan nantinya kita langsung terhubung dengan database kita. Pada saat inilah kita mulai merakit komponen-komponen dalam database.doubleklik pada "mahad" dan muncul tampilan bagian pembuat database seperti "Table",Views", dan lain-lain... klik kanan pada table dan nantinya kita buat table databasenya...

 

Dalam tabel ini, kita akan membuat seluruh bagian database yang bersangkutan dengan mahad, mulai dari kegiatan mahad, mahasantri, pengasuh, musyrif, musyrifah, dan staff mahad. yang pertama kita akan buat bagian database masalah kegiatan mahad. 

a. Table kegiatan mahad


Disini kita menentukan Nama-Nama Field, Datatype, Panjangnya (Bila Ada), dan setting attribut lain seperti null, primary, index, dan sebagainya.Kemudian simpan table tersebut, dengan cara yang sama kita buat komponen database yang lain. 

b. Table Mahasantri


dan yang perlu menjadi catatan, dalam kolom field kita cantumkan judul yang nantinya dianggap perlu untuk dijadikan data. misalnya dalam tabel diatas (Mahasantri) saya menuliskan pada field (Nama Mahasantri, Tanggal Lahir, Kota Asal, Jurusan, Fakultas, Mabna, Kamar).

Juga membuat table-table yang lain hingga terbentuk komponen database yang lengkap.

 

Setelah semua tabel sudah dibuat. tinggal kita isikan saja data-datanya dalam table. contohnya seperti gambar dibawah. table mahasantri beserta data-datanya .... 


Cukup Mudah Bukan .... (^_^)...

Selamat Mencoba....

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Membuat Database Dengan SQL Yog"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pengembangan komputarisasi.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetahui lebih jauh mengenai ilmu Teknologi.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai komputarisasi yang bisa anda kunjungi di sini

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)