SISTEM BISNIS ELEKTRONIK

 
SISTEM INFORMASI (Pertemuan 10)
Dosen Pembimbing : H. Syahiduz Zaman, M.Kom
  (1 Mei 2013)
Perkembangan dan persaingan dalam dunia bisnis saat ini semakin pesat. Mobilitas Individu yang tinggi, dan padat menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan mudah, singkat, efisien, serta lengkap permintaan dan kebutuhan konsumen. Dengan demikian untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka kini banyak diluncurkan yang namanya Sistem Bisnis Elektronik, dimana transaksi yang menggunakan media elektronik/ internet untuk menghubungkan antara produsen dan konsumen.
Sistem Bisnis Elektronik adalah kegiatan berbisnis yang dilakukan oleh organisasi, individu atau pihak terkait yang menggunakan media teknologi informasi malakukan, mengelola, dan mengolah proses bisnis sehingga dapat memberikan keuntungan berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasisasi, efisiensi dan peningkatan produktivitas
seperti yang telah dijelaskan, teori tersebut mendukung dari berbagai jenis usaha Online yang dimana pelaku usaha tidak perlu membangun tempat atau mencari lokasi untuk melakukan kegiatan usahanya. Dengan menggunakan pemanfaatan teknologi, pengusaha atau pelaku bisnis dapat menjual nya secara online, dimana barang atau jasa nya yang ditawarkan, dijual melalui internet atau media elektronik yang lainya, ada yang membuat WEB, Blog, atau pun promosi melalui jejaring sosial. Menggunakan pemanfaatan teknologi, pelaku usaha hanya perlu mencantumkan No. telp. Atau kontak mereka sendiri, dimana mekanismenya jika ada pembeli yang tertarik dengan barang/jasa yang ditawarkan, pembeli hanya perlu menghubunginya melalui telp atau pun email yang tertera di web si penjual. Disanalah pengusaha tersebut hanya tinggal angkat telp, untuk melaksanakan permintaan dari pembeli, bahkan hampir semua pelaku bisnis online menggunakan pembayaran via transfer elektronik. Dapat dilihat begitu sangat instan menggunakan metode Sistem bisnis elektronik yang dilakukan para pelaku usaha online tersebut, Via telp, via transfer antar rekening penjual dan pembeli, dan tidak sedikit para pengusaha ini menggunakan jasa pengantar barang/kurir dalam mengatar barang daganganya.  
System bisnis elektronik seperti ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, dibandingkan harus membuka atau mencari lokasi untuk menawarkan barang/jasa daganganya, karena hal tersebut pasti menuntut si pelaku bisnis tersebut untuk mempunyai omset, ditambah beban-beban yang tak terduga lainya/biaya operasional.
Seperti halnya ketika kita ingin download aplikasi berbayar, kita tinggal pilih mau yang berbayar atau gratis, jika kita pilih yang berbayar kita hanya perlu memasukkan no rekening kita dan setelah itu kita dapat akses untuk men download aplikasi yang kita pilih.
Dengan begitu, sistem elektronik bisnis sangat berperan dalam mengembangkan bisnis dan perusahaan untuk lebih bersaing dari para competitor. Jika dilihat dari segi sistem pendukung perusahaan, sistem bisnis elektronik bisnis sangat memudahkan dalam pengolahan data yang lebih dikenal dengan nama Transaction Processing Systems adalah bentuk sistem informasi yang berfungsi merekam semua aktivitas/kejadian di dalam perusahaan sehingga memberi informasi yang cepat dan akurat, serta memudahkan untuk para manajer sebagai bahan untuk mengambil keputusan atau kebijakan.


Sumber : blackriopepper.blogspot.com 


Posted By :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SISTEM BISNIS ELEKTRONIK"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)