Apakah Java Itu ?

Untuk temen-temen yang masih newbie banget masalah java, barangkali butuh penjelasan singkat, Java itu apaan sih ? biar gak disangka makanan ringan. Okeh.... Let's Learn !

1.1 Apakah Java Itu ?


Java adalah bahasa pemrograman serbaguna. Java dapat digunakan untuk membuat suatu program sebagaimana kita membuatnya dengan bahasa seperti Pascal atau C++. Yang lebih menarik sob, Java juga mendukung sumber daya Internet yang saat ini populer, yaitu World Wide Web atau yang sering disebut web saja. Java juga mendukung aplikasi klien / server. Baik jaringan lokal (LAN), maupun berskala luas (WAN).



Java dikembangkan oleh Sun Microsystem pada agustus 199. dengan nama seluma OAK. Konon Oak adalah pohon semajam jati yang terlihat dari jendela tempat pembuatnya, James Gosling. Ada juga yang mengatakan Oak adalah "Object Application Kernel"   tetapi ada yang mengatakan hal itu muncul setelah nama Oak diberikan pada Januari 1995, karena nama Oak dianggap kurang komersial, maka diganti Java. Kok milih nama java sih ? Ehem, konon katannya, Si Arsitek Java James Gosling amat menyukai kopi tubruk dari Pulau Jawa loh. Jadi diambil dari kata Jawa (Inggris : Java).

Kabar terbaru yang saya dengar, Java yang dikembangkan oleh Sun Microsystem dibeli oleh perusahaan Oracle. Hal itu membuat James Gosling gerah dan memutuskan keluar dari Oracle. Sangat Disayangkan....

Sejumlah literatur menyebutkan Java adalah hasil perpaduan sifat dari sejumlah bahasa pemrograman lain seperti C, C++, Object-C, SmallTalk da Common LISP. Selain itu Java telah dilengkapi unsur keamanan. Java juga menambahkan paradigma pemrograman sederhana. Jika andaa telah mengenal bahasa C dan C++ sebelumnya, maka mempelajari java menjadi sangat mudah, namun jika belum pernah mengenal bahasa pemrograman sebelumnya, jangan khawatir. Java menjadi pilihan terbaik bagi teman-teman untuk belajar.

1.2 Java Tidak Tergantung Platform

Artinya, dapat kita jalankan disembarang komputer dan bahkan, dan bahkan pada sembarang sistem operasi. Ketidak bergantungan pada Platform sering dinyatakan dengan istilah Portabilitas. Yang menarik, tingkat portabiltas Java tidak hanya pada program sumber (source code) namun pada tingkat code biner yang disebut bytecode. Dengan demikian, misalnya kita telah mengkompilasi program java pada komputer bersistem operasi windows maka kita dapat pula menjalankan hasil kompilasi pada Linux atau MacOS secara langsung tanpa kompilasi ulang. 

Java Pada Berbagai OS

Kode yang disebut bytecode dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi karena kode ini berbeda dengan kode mesin. Kode mesin sangat tergantung platform, sedangkan bytecode dapat dimengerti oleh semua hasil kompilasi yang telah dlengkapi Interpreter Java. Interpreter tersebut terkemas dalam satu paket bernama JRE (Java Runtime environment). Oleh karenanya, sering dikatakan, java bersifat netral terhadap arsitektur komputer.

Skema Pengkompilasian Java
  
1.3 Java Adalah Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek

Keunggulan lain yang perlu dibanggakan adalah Java sudah berorientasi objek. Yaitu suatu model pengembangan perangkat lunak yang saat ini populer sekali. Java menggunakan kelas untuk membentuk suau objek. Sejumlah kelas sudah tersedia dan kita dapat menggunakan dengan mudah, dan bahkan kita nantinya dapat mengembangkan lebih jauh melalui konsep pewarisan. Yaitu salah satu konsep pada PBO (pemrograman berorientasi objek). Yang memungkinkan sifat-sifat objek diturunkan dengan mudah ke objek lainnya.

Okey, Sekian... Semoga Bermanfaat


Sumber : Kadir, Abdul.2003. Dasar Pemrograman Java 2. Jogjakarta : Andi  


Posted By :


0 Response to "Apakah Java Itu ?"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel