Getting Start With Data Structure

Hari ini, jadwal mata kuliah saya adalah struktur data, sebuah mata kuliah wajib setelah mendalami dasar-dasar pemrograman. Namun, karena memang masih pertemuan perdana, maka oleh dosen saya hanya diisi oleh pembacaan kontrak kuliah 16 pertemuan kedepan dan diselingi pengenalan dasar materi struktur data. Saya sendiri juga penasaran, struktur data itu apaan sih?

Yukkk....

Dalam istilah ilmu komputer, sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Dan setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

Okey....

Beliau (dosen saya) menambahkan, jangan terlalu khawatir akan mengalami kesulitan dalam membahas mata kuliah ini. Karena sebagian besar materi yang akan dibahas hanya kelanjutan dari apa yang kami peroleh di semester selanjutnya, seperti kelanjutan dari mata kuliah Dasar Pemrograman dan Matematika Diskrit. Namunm beliau juga berpesan agar kita berusaha belajar lebih keras karena pembahasannya akan lebih kompleks dan tingkat kerumitan yang lebih tinggi.

Secara garis besar, beliau menjelaskan, bab-bab yang wajib kami pelajari antara lain :
  • Stack and Queue, kalau diterjemahkan menjadi tumpukan dan antrian, eitz, ingat ya.. kalau membaca queue itu harus bener lho ya, terkadang banyak mahasiswa yang sering salah nyebutin. Queue dibaca kiu bukan kueue. Bab ini pernah disinggung sedikit dalam Mata Kuliah Dasar Pemrograman. 
  • Link List (Lis Berkait), saya sendiri masih belum tahu lebih dalam, karena  masih bab baru  
  • Binary Tree, salah satu bab yang amat penting dalam Matematika Diskrit dan dikembangkan lagi dalam Strukture data. 
  • Hash Table, biasanya untuk tektik kriptografi
  • Heaps, artinya sih sama kayak stack, tumpukan, tapi saya belum tahu penjelasan lebih rincinya..
  • Graph, teori yang tak asing bagi yang sudah lulus Matematika Diskrit. Siap diolah kembali oleh Struktur data. 
 Yupz, demikian apa yang bisa saya tangkap dari penjelasan singkat dosen saya tadi. Oh iya, beliaunya juga mengingatkan untuk terus membaca segala informasi mengenai persiapan Nyeruput Struktur data. Salah satunya dengan membaca buku. Dan bagi pencinta gratisan, paling enak emang nyari ebook gratisnya saja. Ini saya punya silakan di dwonload sepuasnya.


Ebook TI memang rata-rata pakai bahasa inggris. Seharusnya kita gak perlu ngeluh kesulitan dalam bahasa ya... !! Bahasa bukan halangan bagi kita untuk menyerap segala pengetahuan dari manapun. Hitung-hitung saya sambil belajar bahasa inggris juga. Because karena Bahasa Inggris menjadi mata kuliah wajib semester III. hehehe..

Silakan Klik disini buat download

Data Structures & Algorithms in Java


Semoga bermanfaat kawan....

Sumber : Wikipedia, dan Penjelasan singkat dosen


Posted By








0 Response to "Getting Start With Data Structure"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel