Basis Data, Sebuah Pengantar

Teman-teman, pernah dengar yang namanya basis data gak? pasti dong, kehidupan sehari-hari kita tidak akan bisa lepas dari basis data, kita gak perlu jauh-jauh perpikiran sampai aplikasi basis datanya. contoh basis data yang sederhana dululah. Pernah merasakan diabsen guru dikelas? nama kita dipanggil satu persatu, dari awal sampai akhir. Nama-nama dalam daftar kehadiran yang dipegang guru tersebut urut berdasarkan abjad, terkadang juga berdasarkan nomor induk. Itu salah satu contoh sederhana basis data loh. Kok bisa ? Yupz, ada beberapa data penting kita yang ada didalamnya, yaitu Nomor Induk dan Nama Lengkap kita. Keperluan guru mengabsen kita adalah untuk mendata kehadiran, kalau dalam basis data. diistilahkan sebagai update data.

Sudah terbayang belum, apa itu basis data?
Basis data adalah sekumpulan data yang diolah sedemian rupa untuk kepentingan tertentu. Pahamkan? sekumpulan data ya.. bukan cuma satu data. Mengapa nama-nama dalam daftar kehadiran yang dipegang guru tadi disebut basis data? Tentu saja karena menampung beberapa data yang nantinya diolah. diolah, maksudnya? diolah itu semacam diotak atik gitu deh.. hehehe... bisa diedit, hapus, atau ditambahkan.

Kita belum bahas basis data yang terkomputerisasi lho ya... Masih mencari contoh sederhana basis data dalam kehidupan. Contoh lain adalah biodata kita, atau bisa juga kartu keluarga yang menampung data-data suatu keluarga, Nama Ayah, Nama Ibu, Nama Anak, Tanggal Lahir, Pekerjaan dan sebagainya. Dan masih banyak lagi contoh yang lain lo, tidak bisa saya jelaskan semuanya. Hehee

Nah, semua contoh basis data yang saya contohkan tadi adalah basis data sistem manual, manual disini belum tersistemisasi di aplikasi komputer. Kata Dosen saya, contoh-contoh basis data yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah basis data tradisional. Tradisional bukan berarti jadul lho, buktinya sekarang masih banyak yang memanfaatkan basis data tradisional ini. Yupz, basa-basinya cukup ya...

Okey, sekarang langsung saja kita pelajari sistem basis data dalam aplikasi komputer ya, dalam program komputer, istilah basis data lebih keren dengan sebutan, database (sama saja sebenarnya). Dalam konteks komputer, Database merupakan proses penyimpanan beragam informasi untuk diolah sedemikian rupa agar mudah untuk dipergunakan kembali. Agar lebih mudah mengelolanya, maka kita perlu software database. Suatu software basis data merupakan software yang digunakan untuk menyimpan dan memungkinkan data yang telah disimpan untuk diakses dengan perintah-perintah tertentu. Software basis data inilah yang sering dikenal dengan sebutan DBMS (Database Management System).

Perintah-perintah yang digunakan untuk mengelola basis data mempunyai standar yang disebut dengan SQL (Structured Query Language), dikenal luas sebagai bahasa pemrograman untuk mengelola database. Standar ini dibuat oleh suatu badan yang berwenang (ANSI) sehingga sering disebut juga dengan istilah ANSI SQL. Saat ini standar SQL yang diacu kebanyakan software adalah SQL92 dan SQL99. Pada umumnya, data yang tersimpan merupakan data relasional (data yang saling terhubung satu sama lain).

Pada dasarnya, suatu basis data terdiri atas berbagai tabel yang saling terhubung. Tabel merupakan tempat data disimpan. Tabel itu sendiri terdiri atas data rinci untuk suatu entitas dan terdiri atas row dan column (pada software non-SQL dan software basis data tertentu sering disebut record dan field).

Tabel itu sendiri jika digambarkan merupakan suatu baris serta kolom sebagai berikut:


Berikut beberapa software database yang sudah saya buktikan sendiri kehandalannya.

  1. XAMPP


    Aplikasi database yang ku kenal pertama kali. Jadinya merasa lebih nyaman pakai ini, apalagi XAMPP adalah paket aplikasi penting, X menggambarkan bahwa XAMPP bisa running pada berbagai macam platform, A adalah Apache, aplikasi untuk web server, M adalah MySQL adalah database server, bahasa untuk mengembangkan database, P adalah PHP, bahasa pemrograman web, dan P terakhir adalah Perl, juga bahasa pemrograman. Yupz, silahkan di uji coba sendiri... 
    Download XAMPP

  2. SQLYog










    Saya baru tahu aplikasi ini ketika dosen saya mendemokan pelajaran database menggunakan SQLYog, ketika saya coba ternyata asik juga, dan kelebihan lain adalah mudah dioperasikan. Tak heran jika mayoritas teman saya menggunakan aplikasi ini. Silahkan di download gratis... 
    Download SQLYog

  3. Oracle



    Oracle memang selalu cetar membahana, sebagai salah satu perusahaan TI terbesar, oracle tidak akan mau kalah untuk menawarkan aplikasi hebat mereka. Yang saya tahu, database oracle ini memiliki kelebihan fitur yang lebih komplet, misal saja fitur FLASHBACK DROP, mengembalikan database yang sudah di hapus, sangat bermanfaat bukan?. Fitur ini tidak saya temukan di aplikasi database lain.
    Dan apabila ingin download, buat akun dulu ya... !
    Download Oracle
  4. PostgreSQL



    Baru saya kenal ketika praktikum database beberapa waktu yang lalu, Dosen saya mengatakan, aplikasi open source PostgreSQL ini ternyata pernah menduduki ranking pertama sebagai database terbaik. Ciyee... Dalam mengembangkan database dengan aplikasi PostgreSQL ini, user diajak untuk memilih mengembangkan database dari CMD (SQLShell) atau yang langsung berbasis GUI pada pgAdmin, enak kan? penasaran, download aja mumpung gratis..
    Download PostgreSQL

Posted By


0 Response to "Basis Data, Sebuah Pengantar"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel