Instalasi Eclipse Android Developer Tools (ADT)



Kemajuan teknologi smartphone dewasa ini tidak bisa terlepas dari peran besar Sistem Operasi modern Android. Bagi teman-teman para programmer, terutama programmer bahasa pemrograman java, jiwa programmer kalian pasti tidak lengkap tanpa menguasai pemrograman android. Mengapa ? karena android dikembangkan dengan bahasa pemrograman java. Jadi, berpindah ke pemrograman android laksana pindah satu loncatan saja. 

Seperti pengalaman saya silam, sebenarnya kita sudah ingin sekali membuat program berbasis android sejak lama, namun terkadang terkendala oleh minimnya pengalaman dan ketidaktahuan kita tentang android membuat kita bingung harus memulai dari mana? memakai IDE apa? bagaimana membuatnya? betul kan?

Oke, saya akan berikan tutorial tentang instalasi Eclipse ADT (Android Developer Tools), IDE inilah yang kita pakai untuk membuat program berbasis android. Untuk memperoleh IDE ini, teman-teman bisa download langsung disitus resminya di developer.android.com.

Filenya cukup besar, hampir setengah giga.  Cara lain agar teman-teman tidak perlu repot-repot download adalah langsung meminta teman yang sudah memiliki ADT nya. hehehe... Simple bukan? 

Setelah download, selesai teman-teman akan mendapatkan file ADT Bundle bertipe zip, lantas unzip file tersebut dan akan mendapati file - file berikut : 


Buka folder eclipse : 
   
teman-teman akan mendapati file eclipse.exe, hebatnya, file ini tidak perlu di install dan hanya perlu double klik untuk langsung bisa run eclipse, ketika menjumpai tampilan berikut, berarti IDE eclipse sukses untuk run 


Mengapa yang muncul Android Developer Tools? Kan yang di run adalah IDE Eclipse? Betul, Android Developer Tools sudah terintegrasi dengan IDE Eclipse, jadi teman-teman tidak usah repot-repot harus install plugin android terlebih dulu, lewat IDE Eclipse ADT ini, secara otomatis teman-teman langsung bisa sekaligus membuat project android maupun project java biasa. 

Sebelum memasuki tampilan utama, biasanya IDE akan meminta folder directory sebagai wadah penyimpanan project android. Ini akan berlangsung sekali dalam proses. Pilih tempat penyimpanan sesuai kehendak teman-teman. Setelah itu langsung masuk tampilan utama IDE. 


Sekarang, atur SDK Managernya, klik menu Windows --> Android SDK Manager . Pastikan teman-teman dalam keadaan terkoneksi dengan internet. Ini penting untuk proses penginstalan SDK yang dibutuhkan IDE. Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah selesai Close SDK Managernya. 


Sekarang, ADT Eclipse sepenuhnya bisa digunakan, termasuk untuk running Emulator Androidnya. Klik menu Window --> Android Virtual Device Manager. Muncul tampilan berikut :

Klik new untuk mengatur Device yang digunakan untuk mensimulasikan program android dalam bentur emulator Smartphone.


Atur sesuai keinginan teman-teman, ini contohnya :



Klik OK, lantas klik Start. Tunggu hingga emulator telah tampil sempurna. Seperti gambar berikut :



 Sekian tutorialnya, semoga bermanfaat ... (^_^)
   

Posted By



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Instalasi Eclipse Android Developer Tools (ADT)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)