Memasang 3D API dan 3D Library Pada Java

Salah satu hal yang menjadikan pemrograman java semakin menarik adalah adanya fasilitas 3 Dimensi yang telah terintegrasi dalam library dan Java API (Application Programming Language). Pemrograman 3D memang memiliki interface yang menakjubkan, seakan-akan menginterpretasikan objek dalam bentuk real dalam dunia nyata. Tak heran jika, banyak Aplikasi berbasis 3D seperti Game 3D, Sistem Informasi 3D, Mapping 3D dll banyak diminati oleh berbagai kalangan, terutama yang paling tersohor adalah pesatnya perkembangan Game 3D.   

Jadi untuk menikmati fasilitas 3D pada Java, kita hanya membutuhkan Java 3D Library dan instalasi Java 3D API. Untuk library java 3D, teman-teman bisa mendownloadnya langsung disitus resminya java3d.java.net. Pilih yang kategori Zip Binaries, dan download yang sesuai dengan OS teman-teman.  Setelah selesai mengunduh, dalam file zip tersebut terdapat 2 folder penting, yakni folder bin dan folder lib. 

Buka Folder bin, kemudian file-file yang ada didalamnya taruh di folder jre tempat java terinstall. Lebih tepatnya copy ke :
C : /Program Files/Java/jre7/bin
Lantas, copy juga file-file yang ada di dalam folder lib ke :
C: /Program Files/Java/jre7/lib/ext


Dan untuk Aplikasi APInya, silakan download  disitus resminya www.oracle.com, kemudian tinggal double klik saja untuk melanjutkan ke instalasi. 

Okey, proses pemasangan selesai, tinggal membuat project 3D saja. Oh, iya, jangan lupa untuk selalu menambahkan library pada project yang kita buat, Apa yang perlu ditambahkan? Ada 3 library penting yang harus disisipkan, yaitu, 

  • j3dcore.jar
  • j3dutils.jar
  • vecmath.jar
Ketiga file library tersebut adalah yang teman-teman copy ke directory lib java tadi. Jadi, teman-teman ambil ketiganya dari directory lib javanya pula.

Baiklah, semoga bermanfaat, Jika ingin mencoba langsung membuat contoh berbasis project 3D, lanjutkan dengan membuka posting disamping ---> Membuat Piramida dan Kubus Berbasis 3D Pada Java


Posted By 


   





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memasang 3D API dan 3D Library Pada Java"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)