Merubah Ekstensi .jar Menjadi .exe dan Analisanya

Setelah build program java menjadi file .jar, sebenarnya tidak ada masalah jika tidak harus mengubahnya kembali dalam bentuk executable (exe). Toh, terlepas dari berbagai problem ketika proses build, program .jar tersebut tetap mampu berjalan dengan baik tanpa harus dijadikan .exe. 

Namun, pada sistem operasi windows, adanya file .jar sebagai  format ekstensi sebuah aplikasi amatlah tabu, mengingat format yang comfortable dengan OS windows adalah executable (.exe).  Oleh karenanya, banyak programmer yang berniat untuk mengubah format .jar bawaan java menjadi .exe agar terlihar lebih keren dan matching kala dipakai untuk aplikasi windows.

Tapi ingat ! yang menjadi catatan, format exe tidak turut serta mengubah prosedur eksekusi program java yang mengharuskan adanya JRE (Java Runtime Environment) sebagai mesin utama running program. Format .jar yang diubah menjadi .exe sebenarnya tetaplah .jar, yang hanya dipoles bentuknya sedemikian rupa. Jadi, jangan heran jika banyak user yang bertanya-tanya, "Kok, program javaku gak bisa run di komputer lain?" Ya memang komputer lain belum dilengkapi JRE, mana bisa run. Program java tetaplah java, meskipun di make bagaimana pun juga.

Bagi teman-teman yang ingin merubah ekstensi .jar menjadi .exe, maka perlu sebuah aplikasi converter khusus untuk mengubahnya. Saya memakai jar2exe,  bisa teman-teman download disitus resminya www.jar2exe.com. Setelah diunduh dan instalasi, maka proses konversi bisa dimulai.

Prosesnya seperti ini,

Sebelumnya, mohon maaf karena aplikasi jar2exe saya ini masih berstatus trial, tapi yang penting kan masih bisa dipakai, hehehe

Buka aplikasi jar2exe, kemudian pilih directory java tempat file .jar akan dirubah. Pada bagian tengah, teman-teman bisa menentukan kriteria JRE yang nantinya digunakan untuk syarat run program java. Dan paling bawah, adalah untuk menentukan Operating System tempat program java akan running. Next...  


Wajib memilih kriteria aplikasi yang akan dibentuk, Saya pilih GUI karena aplikasi java saya bersifat GUI. next.... 


Ini penting, mengingat gerbang program untuk run adalah main class program, pastikan inpu main class berikut benar adanya. Next...


Ini cuma sekadar pilihan setting yang berlaku pada program. Tidak dicentang pun tidak masalah. Next...


Ini tampilan untuk memilih file .jar lain yang memang memiliki ketergantungan dengan .jar yang akan dijadikan exe. Lanjutkan jika tidak perlu. Next... 


Berikutnya adalah proses untuk memberikan identitas pada program exe kita, mulai dari penamaan, versi, hingga merubah icon program, klik Version & Message untuk mengaturnya. 


Jika sudah, maka program .jar kita akan berproses menjadi .exe. Program akan terkonversi dengan sukses.  



Program exe kita akan include di dalam directory tempat .jar berada. So, kita memiliki 2 jenis program baru dengan format yang berbeda namun sejatinya sama saja. 



Semoga bermanfaat ya.. !!! (^_^)


Posted By












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merubah Ekstensi .jar Menjadi .exe dan Analisanya"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)