Cara Mudah Menyeleksi Foto Dengan Magnetic Lasso Tool Pada PhotoShop

Sobat blogger, kali ini saya akan menyajikan secuil pembelajaran tentang bagaimana menyeleksi foto / gambar pada photoshop. Meskipun saya sendiri sebetulnya sangat awam dengan ilmu grafis tapi setidaknya ini yang bisa saya berikan. Siapa tahu ada lebih awam daripada saya dan amat membutuhkan ilmu ini, pasti sangat bermanfaat. 

Okeh, sejauh yang saya ketahui, menyeleksi foto adalah teknik paling mendasar pada olah grafis terutama dengan photoshop. Saya memakai Magnetic Lasso Tool, karena tool ini sangat mudah bagi yang masih newbie kayak saya. Hasilnya pun tidak jelek-jelek amat seperti gambar disamping. Lumayan gan, bisa dibuat foto profil FB. hehehe.. 

Yupz, langsung pada materi, buka PhotoShopnya gan, terserah versi berapa. Saya memakai CS3. Dan Open foto yang mau diseleksi, seperti ini :

Kemudian cari Tool untuk menyeleksi foto, PhotoShop sendiri umumnya menyediakan 3 macam tool khusus untuk seleksi foto, Pilih Magnetic Lasso Tool. Saya memiliki alasan tersendiri mengapa menggunakan tool jenis ini. Karena sifatnya yang magnetic membuat Tool ini secara otomatis akan mengikuti alur wilayah gambar yang ingin kita seleksi. Lakukan dengan hati-hati agar tidak melenceng tak karuan. Hasil saya seperti ini : 


Lantas, klik new untuk membuat gambar backround putih baru.. 




Dengan menggunakan move tool,  pindahkan foto yang terseleksi ke gambar putih disampingnya. Kok tampilannya ancur gan? Saya juga awalnya panik gan, setelah atur nafas pelan-pelan, cuci muka dulu, makan, mandi, terus pikiran tenang lagi deh... 


Terus potong saja yang tidak perlu gan, cari crop tool


Sekarang tinggal meratakan samping-samping foto yang agak berantakan tak karuan, saya memakai Eraser Tool, fungsinya untuk menghapus bagian yang kira-kira bisa ganggu pemandangan. hehehe... Gak papalah nanti jadinya berubah dikit dari aslinya.. 

Untuk mengatur pencahayaan biar kelihatan lebih terang / gelap, tekan CTRL + M. 

Setelah diutak atik sedemikian rupa, hasilnya seperti gambar dibawah ini : 



 Tepi-tepi foto yang terseleksi dengan warna backround putih terlihat masih agak kasar. Untuk mensiasati ini maka tepi foto yang terseleksi tersebut ditebalkan : 

Caranya dengan klik Layer --> Layer Style, efeknya pilih Drop Shadow dan Bevel and Emboss

Hasil akhirnya seperti ini deh ... 


Okelah sobat, demikian tutorial saya, maaf masih belepotan ya.. Maklum newbie benerr... 

Semoga bermanfaat ya...

Posted By





0 Response to "Cara Mudah Menyeleksi Foto Dengan Magnetic Lasso Tool Pada PhotoShop "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel