Membuat Program Kalkulator Dengan Pemrograman Java (Versi II)

Sebagai kelanjutan dari posting sebelumnya tentang Membuat Program Kalkulator Dengan Pemrograman Java (Versi I), maka kali ini saya akan memberikan gambaran tentang bagaimana membuat kalkulator yang lebih modern daripada kalkutator versi I sebelumnya. Setidaknya kalkulator versi II ini agak mirip dengan kalkulator bawaan windows. Meskipun tampilan GUInya masih kasar dan kaku. Namun dari segi performance kurang lebih sama. 

Kalkulator ini saya buat sebagai tugas project praktikum Dasar Pemrograman Java pada semester II silam. Bagi yang newbie masalah pemrograman java. Membuat kalkulator jenis ini memang cukup susah, mengingat event yang dibutuhkan amat banyak hingga membutuhkan ketelatenan super dari sang programmer.

Oleh karena itu, saya berbaik hati ingin membagi source code saya mengenai pembuatan kalkulator ini. Harapan saya, biar teman-teman yang sedang belajar dasar pemrograman java memiliki sedikit referensi terutama untuk membuat project-project tambahan seperti kalkulator. Meski kodenya cukup panjang, saya sarankan jangan langsung di copy-paste ya! Biar melatih teman-teman telaten ngoding java manual, menuliskan code tahap demi tahap penting kalian lakukan. Juga agar tidak terbiasa menjadi plagiator professional, hehehe... 

Selamat mencoba 



Apabila teman-teman menginginkan sebuah background pada program kalkulatornya, tinggal kalian hapus komentar (//) yang ada dalam source code. 

Lalu masukkan foto tertentu sebagai background. Seperti ini :

Foto untuk background


Foto untuk background letakkan dalam folder project agar bisa dipanggil oleh program. 

Ini hasil akhir setelah dikolaborasikan dengan background diatas :


Oke, sekian dulu ya, semoga bermanfaat kawan... 


Posted By 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Program Kalkulator Dengan Pemrograman Java (Versi II)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)