Menganalisa Source Code Program Java Sederhana

Sobat Blogger, mengawali belajar pemrograman java, biasanya para programmer membuat source code program sederhana untuk mencetak sekadar kata-kata "Hello World", entah apa maksudnya setiap belajar bahasa pemrograman baru harus diawali "Hello World". Barangkali biar dunia tahu kalau dia sekarang menapaki kehidupan baru. hehehe...

Namun yang menjadi catatan saya, mereka dalam menuliskan code program hanya berpedoman pada contoh-contoh source code belaka tanpa memahami apa maksud code tersebut. Ibaratnya mereka hanya sok berkata menirukan bahasa asing tanpa mengerti artinya, ironis kan?, sehingga kalau mereka di tanya penjelasan codenya bagaimana, mereka hanya menjawab, "Ya, pokoknya begitu!"

Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menganalisa source code program java sederhana yang biasanya oleh programmer newbie dibuat percobaan belajar, yaitu menuliskan "HelloWorld", atau kata-kata lain dalam output print. 




Hasil Run :



Analisa :
  • //Menuliskan kata-kata menyatakan suatu komentar. Komentar adalah keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan kepada pembaca program. Dalam hal ini, komentar diatas menjelaskan bahwa program diatas mampu mencetak kata-kata yang dituliskan dalam baris out print.

  • public class HelloWorld { merupakan bagian untuk mengawali pendefinisian kelas yang bernama HelloWorld. Definisi kelas suatu blok, diawali dengan simbol { diakhiri pula dengan }. Blok ini dimulai pada baris kedua berakhir pada baris ketujuh. Suatu kelas memiliki metode main yang diletakkan pada baris berikutnya.

  • main() adalah metode yang digunakan sebagai awal pengeksekusian program java. Kode yang terdapat pada metode inilah yang akan dieksekusi pertama kali. Untuk bisa run, program java perlu metode ini.
      
  • Metode main() didefinisikan sebagai public static void. Kata kunci public menyatakan bahwa metode ini bisa dipanggil dari mana saja, baik didalam kelas itu sendiri maupun diluar kelas. Kata kunci static menyatakan bahwa metode ini bersifat sama untuk semua instan kelas (objek). Kata kunci void berarti bahwa metode ini tidak memberikan nilai balik (nilai balik akan lebih dipelajari mendalam pada pemrograman berorientasi objek).

  • Setelah kata main, terdapat kurung, di dalam tanda kurung terdapat String[] args. Nah, yang berada di dalam tanda kurung ini disebut dengan parameter atau argumen. Dalam hal ini, metode main() hanya memiliki sebuah parameter. String menyatakan suatu kelas pada Java, yang berhubungan dengan penanganan sederatan huruf. args yang terletak setelah String menyatakan array dari objek String. args inilah yang dapat sobat bayangkan sebagai tempat untuk memperoleh baris perintah.

  • System.out.println("Hallo Sobat Blogger, Selamat Belajar    Java !"); merupakan pernyataan untuk menampilkan tulisan : Hallo Sobat Blogger, Selamat Belajar Java !, lebih jelasnya sobat bisa lihat ditampilan hasil run. 

  • Tanda titik koma  / semicolon (;) digunakan untuk mengakhiri pernyataan. Ini penting, karena tanpa tanda ini, program tidak dapat run (error). Dalam hal ini, tulisan yang akan ditampilkan diletakkan sebagai argumen milik metode println(). Metode yang juga bagian dari objek out ini merupakan metode untuk menampilkan tulisan ke keluaran standar (print layar). out sendiri adalah anggota obek System. Tanda titik pada System.out.println berfungsi untuk memisahkan metode terhadap objek yang melingkupinya dan objek yang menjadi bagian dari objek lain juga perlu ditulis dengan pemisah berupa titik. 

Oke, sekian dulu Sobat..... Semoga analisanya bermanfaat ya.. (^_^)

Posted By 

          

    

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Menganalisa Source Code Program Java Sederhana"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pengembangan komputarisasi.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetahui lebih jauh mengenai ilmu Teknologi.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai komputarisasi yang bisa anda kunjungi di sini

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)