Pengantar Pemrograman Berorientasi Objek dan Contoh Programnya

Sobat blogger, pemrograman berorientasi objek yang populer pada saat ini menjadikan objek sebagai komponen utama dalam program. Mengapa demikian? Objek menggabungkan data dan fungsi sebagai satu kesatuan, sedangkan pada pemrograman yang tidak berorientasi objek, fungsilah yang menjadi perhatian utama. Perlu sobat ketahui, fungsi adalah subprogram atau sekumpulan kode yang diberi suatu nama tersendiri (semacam method). Pendekatan pemrograman berorientasi objek membuat pengembangan program dapat dilakukan dengan lebih mudah, mengurangi duplikasi kode, dan mengurangi kesalahan. 

Pada pemrograman berorientasi objek (PBO), ada dua istilah yang sangat dikenal, yaitu kelas dan objek. Kedua istilah ini sering dipertukarkan. Saya analogikan begini : 

Kelas itu seperti kue, Namun dalam hal PBO Kelas adalah cetakan untuk objek   

Seperti halnya cetakan kue, sejumlah kue dapat diciptakan dengan sebuah cetakan. Begitu pula halnya dengan kelas. Dengan menggunakan sebuah kelas, sejumlah objek dapat diciptakan. Seringpula dikatakan bahwa objek adalah instan kelas (Hanya sebuah istilah saja).

Gambar 1 : Ilustrasi kelas sebagai pencetak objek
Contoh dari kelas adalah bus. Objek berkelas bus dapat memiliki data seperti merk bus, warna bus, dan atribut lainnya yang berhubungan dengan bus. Metode yang dimiliki oleh objek berkelas bus dapat berupa cara menghidupkan mesin, mengoper persneling dll.

Gambar 2 : Data dan Metode pada objek nyata

Contoh program sederhana menggunakan objek

Objek dibuat dengan mula-mula membuat variabel yang kelak merujuk ke objek, variabel ini disebut variabel objek, selanjutnya objek akan diciptakan melalui new dan hasilnya ditugaskan ke variabel objek. 

Misalnya seperti ini :

Data waktuSekarang ;
waktuSekarang = new Date() ;

Perlu sobat ketahui bahwa Date adalah library yang disediakan java untuk menangai kebutuhan waktu dan tanggal. Library ini terdapat pada paket java.util.Date. Oleh karena itu program yang menggunakan perlu import paket tersebut. 

Program berikut menunjukkan contoh penciptaan objek untuk menyimpan objek waktu dan tanggal.



Ini hasil compilenya.. 


Sekian untuk pengantar PBOnya ya, untuk melihat contoh program sederhana penerapan PBO lainnya, silakan kunjungi postingan selanjutnya. Terima Kasih... (^_^)


Posted By



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengantar Pemrograman Berorientasi Objek dan Contoh Programnya"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)