Para Stakeholder Sistem Informasi

Stakeholder diartikan sebagai seseorang, individu ataupun sekelompok orang yang memiliki ketertarikan pada suatu bidang tertentu yang bisa terdiri dari pekerja teknis dan nonteknis. Menurut Wikipedia dikemukakan oleh Freeman (1984) mendefenisikan stakeholder sebagai kelompok atau individu yang dapat memengaruhi dan atau dipengaruhi oleh suatu pencapaian tujuan tertentu. Sedangkan Biset (1998) secara singkat mendefenisikan stekeholder merupakan orang dengan suatu kepentingan atau perhatian pada permasalahan. Jadi Stakeholder Sistem Informasi adalah orang yang memiliki ketertarikan pada sistem informasi yang sudah ada atau yang ditawarkan. Tiap kelompok stakeholder memiliki perspektif yang berbeda pada sistem informasi yang sama. Analis sistem adalah stakeholder unik yang berperan sebagai fasilitator atau pelatih, menjembatani jurang komunikasi yang dapat secara alamiah bekembang antara pemilik dan pengguna sistem non teknis dan desainer beserta pembangun sistem teknis.

Pekerja informasi adalah stakeholder dalam sistem informasi. Pekerja informasi termasuk orang-orang yang pekerjaannya melibatkan pembuatan, pengumpulan, pemprosesan, distribusi dan penggunaan informasi. Mereka adalah :

1. Manager Sistem Informasi
Manager dalam departemen Sistem informasi memiliki peranan secara langsung dalam proses pengembangan sistem jika organisasi yang ditanganinya berskala kecil. Manager SI berperan dalam mengalokasikan dan mengawasi proyek pengembangan sistem daripada terlibat langsung dalam proses pengembangan sistem.

2. Analist Sistem
Menurut Yogiyanto (1995) analis sistem (analis informasi) adalah orang yang menganalis sistem (mempelajari masalah-masalahan yang timbul dan menentukan kebutuhan pemakai sistem) untuk mengidentifikasikan pemecahan permasalahan tersebut. Menurut Kristanto (2003) analis sistem adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk menganalisis sebuah sistem, memilih alternatif pemecahan masalah dan menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan komputer.
Ada beberapa manager SI pada departemen SI yang berskala besar, yaitu:
·      Manager untuk keseluruhan departemen SI biasa disebut sebagai Chief Information Officer dan berada dibawah president atau direktur perusahaan.
·  Setiap divisi dalam departemen SI juga memiliki seorang manager misalnya manager pengembangan SI, Manager operasi ,manager programmer SI dan lain-lain.

Sistem analis merupakan individu kunci dalam proses pengembangan sistem. Sistem analis mempelajari masalah dan kebutuhan dari organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses, komunikasi dan teknologi informasi dapat meningkatkan pencapaian bisnis. Seorang sistem analis juga merupakan orang yang paling bertanggung jawab pada proses analisa dan perancangan sistem informasi.
Analis sistem secara sistematis menilai bagaimana fungsi bisnis dengan cara mengamati proses input dan pengolahan data serta proses output informasi untuk membantu peningkatan proses organisasional. Dengan demikian, analis sistem mempunyai tiga peranan penting, yaitu : Sebagai Konsultan, Sebagai Ahli Pendukung, Sebagai Agen Perubahan.. Skill yang harus dikuasai oleh Analis Sistem:
·         Keahlian Analisa
·         Keahlian Teknik
·         Keahlian Managerial
·         Interpersonal skills
Tugas Analis Sistem
1.      Mengumpulkan dan menganalisis semua dokumen, file, formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan.
2.      menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan pada sistem tersebut dan melaporankan semua kekurangan tersebut kepada pemakai sistem.
3.      merancang perbaikan pada sistem tersebut dan menyusun sistem baru.
4.      menganalisis dan menyusun perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang baru dan memberikan argumen tentang keuntungan yang dapat diperoleh dari pemakian sistem yang baru tersebut.
5.      mengawasi semua kegiatan terutama yang berkaitan dengan sistem yang baru tersebut.


3.   Pembangun Sistem
Pembangun sistem adalah spesialis teknis yang membangun sistem informasi dan komponen yang didasarkan pada spesifikasi desain yang dihasilkan oleh desainer system. Contoh Pembangun System:
·         Programmer Aplikasi
·         Programmer System
·         Programmer Database
·         Administrator Jaringan
·         Webmaster
·         Software Integrator
Tugas Pembangun Sistem
·         Tanggungjawab terbatas pada pembuatan program computer
·         Pengetahuan terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilities, dan bahasa-bahasa program.
·         Pekerjaannya bersifat teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program
·         Pekerjaannya tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang, hanya dengan sesama programmer dan analis sistem.

4. Designer System
Designer System Adalah spesialis teknis yang menterjemahkan persyaratan bisnis pengguna sistem dan pembatas solusi teknis. Dia mendesain data base, input, output, tampilan, jaringan dan perangkat lunak komputer yang akan memenuhi persyaratan pengguna sistem.
Desainer sistem sekarang cenderung fokus pada keahlian khusus teknis, seperti :
1.      Administrator data base yaitu spesialis dalam teknologi database yang digunakan untuk mendesain dan mengkoordinasikan perubahan ke database perusahaan.
2.      Arsitek jaringan yaitu spesialis teknologi jaringan dan telekomunikasi yang mendesain, menginstal, mengkonfigurasi, mengoptimalkan, dan mendukung area jaringan lokal dan luas termasuk koneksi ke internet dan jaringan eksternal lainnya.
3.      Arsitek web yaitu spesialis yang mendesain situs web yang kompleks untuk organisasi, termasuk situs web publik untuk internet, situs web internal untuk organisasi, dan situs web pribadi antar bisnis.
4.      Artis grafik yaitu spesialis dalam teknologi grafis dan metode yang digunakan untuk mendesain dan membangun antar muka yang kuat serta mudah digunakan ke sistem, termasuk antar muka untuk PC, web, komputer genggam dan smart phone.
5.      Ahli keamanan yaitu spesialis dalam teknologi dan metode yang digunakan untuk memastikan keamanan data dan jaringan
6.      Spesialis teknologi yaitu ahli dalam penerapan teknologi spesifik yang akan digunakan dalam sistem

5.  Pengguna System
Pengguna System Adalah pelanggan yang akan menggunakan atau terpengaruh sistem informasi pada basis reguler, meng-capture, memvalidasikan, memasukkan, menanggapi, menyimpan, dan bertukar data dan informasi. Ada banyak kelas pengguna sistem. Tiap kelas seharusnya terlibat langsung dalam proyek pengembangan sembarang sistem informasi yang mempengaruhi kelas-kelas tersebut. Pengguna Sistema ada 2, yaitu:

1. Pengguna sistem internal (Internal System User) adalah karyawan-karyawan bisnis, dimana SI dibangun untuk mereka. Para pengguna internal adalah mayoritas pengguna sistem dalam kebanyakan bisnis.
·         Pekerja administrasi dan layanan
·         Staf teknis dan professional
·         Manager
·         Supervisor
·         Manager Menengah
·         Manager Eksekutif
·          
2. Pengguna Sistem Eksternal (Eksternal System User) adalah mayoritas pengguna sistem informasi modern. Pengguna eksternal sering disebut remote user jauh (pengguna yang secara fisik tidak berada di tempat tapi masih membutuhkan akses ke sistem informasi) dan mobile user (pengguna yang lokasinya selalu berubah tapi membutuhkan akses ke sistem informasi dari manapun). 

·         Pelanggan
·         Pemasok
·         Rekan Kerja
·         Karyawan

6. Business Manager
Kelompok lain dalam pengembangan sistem adalah manajer bisnis misalnya kepala bagian atau kepala departemen atau eksekutif perusahaan. Manajer-manajer ini penting karena mereka memiliki kekuatan pendanaan pengembangan sistemdan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk keberhasilan proyek.


Referensi

1.  Jeffery L. Whitten, Lonnie D. Bentley, and Kevin C. Dittman. System Analysis and Design Methods. 6th Edition. McGrawHill.
2.  Budi Sutedjo Dharma Oetama. Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2002.
4.      http://debbieyuza.blogspot.com/2013/03/para-pemain-stakeholder-sistem.html


Posted By 


0 Response to "Para Stakeholder Sistem Informasi "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel