Geometrics Maker, Program Penggambar Dasar Geometris Dengan Java


















Apakah teman-teman sudah pernah mencoba bagaimana sensasi membuat Java Grafika? secara umum Java Grafika dapat dinikmati lewat import library Java AW Geom. Grafika dasar dalam java dapat meliputi Rectangle, Ellipse, Polygon dan lain sebagainya. Namun, agar kita dapat menggambar lebih bebas dan luwes, Java menyediakan Class GeneralPath yang sudah include dalam Java Geom.  

Untuk membuat objek dengan kelas GeneralPath, panggil dengan new GeneralPath() kemudian tambahkan segmen ke bentuk yang akan dibuat dengan menggunakan method-method berikut:
  • moveTo(float x, float y) – Memindahkan titik path sekarang ke titik path yang diinginkan
  • lineTo(float x, float y) – menambahkan segmen garis ke path sekarang
  • quadTo(float x, float y) – menambahkan segmen kurva kuadrat ke path sekarang
  • curveTo(float x, float y) – menambahkan segmen kurva kubik ke path sekarang
  • closePath() - menutup path.


Penjelasan ringkas diatas adalah pengantar GeneralPath yang biasanya diimplementasikan dalam source code pemrograma javanya. Sebagai programmer yang pernah berkecimpung dengan GeneralPath, perlu kiranya programmer memiliki keuletan dan kesabaran ekstra dalam membuat project Grafika menggunakan GeneralPath. Bagaimana tidak, kita harus mengukur dan menghitung dengan akurat gambar grafika yang akan kita buat secara detail. Mulai dari titik koordinat awal hingga batas-batas tertentu. Untuk mengecek apakah sejauh mana pengukuran kita, maka program di run terlebih dahulu. Jika pengukuran salah, dihitung lagi, run program lagi, begitu seterusnya. Bagi yang gak sabaran seperti saya pasti pengen banting laptop aja. hehehe... 

Atas dasar pengalaman pribadi itulah saya membuat program GUI yang dapat mensimulasikan tampilan pengukuran GeneralPath langsung lewat Panel aplikasi. Program aplikasi tersebut saya beri nama Geometrics Maker, untuk merepresentasikan bahwa program saya memiliki fungsi sebagai penggambar geometri seperti garis lurus, persegi, lingkaran, dan bentuk-bentuk lain. 

Fitur yang tersedia mencakup seluruh bawaan GenaralPath meliputi MoveTo hingga CurveTo. Serta saya tambahkan fitur bonus yaitu Rectangle dan Oval yang berfungsi untuk mmbuat Persegi panjang dan lingkaran secara instan.

Saya akan mencontohkan, bagaimana membuat Geometri dengan aplikasi ini : 

Membuat Persegi Panjang GeneralPath

Pertama, saya akan menentukan, membuat persegi panjang menggunakan GeneralPath. Atur moveTo, fungsi moveTo disini sebagai patokan awal, kira-kira garis yang akan kita buat bermula dari koordinat mana. kolom MoveTo saya set 100, 100. klik set ! Pada kolom lineTo, saya set 600,100. klik set ! maka akan terbentuk garis lurus yang bermula dari koordinat X = 100 menuju X = 600, sedangkan koordinat Y tetap yaitu 100.  

 Lantas, MoveTo saya ganti menjadi 600,100, klik set ! menuju LineTo 600,300 klik set ! Maka akan terbentuk garis vertikal dimulai dari koordinat Y = 100 menuju Y = 300, sedangkan X tetap 600.  



Selanjutnya, dilanjutkan membuat garis horizontal dari X = 600 menuju X = 100, atur MoveTo dan LineTo, jangan lupa selalu klik set untuk membuat pengaturan baru.

Terakhir, garis akan di set kebagian titik awal bermula, yakni 100,100.! Set sesuai kebutuhan ! Dan jadilah persegi panjang kita... Yeah


















Bagi teman-teman yang membutuhkan, program saya untuk keperluan coba-coba, ataupun sebagai referensi pembuatan program GUI, silakan download di link berikut : 


Semoga bermanfaat kawan ! 


Posted By 




0 Response to "Geometrics Maker, Program Penggambar Dasar Geometris Dengan Java"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel