Program Simulasi Gerakan Sholat Berbasis Gambar dengan Java OOP

Bagi umat islam, sholat adalah tiang agama. Melupakan sholat berarti menghancurkan agama dalam jiwa seorang muslim. Oleh karenanya, saya berfikiran bahwa untuk membiasakan seseorang menjadi familier dengan gerakan sholat maka harus dibiasakan sejak usia dini agar menjadikannya terbiasa ketika dewasa nanti. Maka, tugas seorang IT programmer adalah untuk membuat sebuah aplikasi / program komputer untuk memudahkan pembelajaran gerakan sholat bagi anak-anak usia dini, target maksimalnya adalah usia sekolah dasar.  Program yang saya buat adalah sebuah simulasi yang paling tidak berisikan tiga konten utama, antara lain : 
  • Gambar,  sebagai representasi gerakan sholat dalam kehidupan nyata memiliki peranan besar dalam aplikasi ini, karena gambar sebagai media visual lebih berpengaruh dan mudah dimengerti oleh anak-anak karena menggambarkan pembelajaran praktis (learning by practice).
  • Aktifitas Sholat, adalah penjelasan singkat dari gambar yang ditampilkan, baik mengenai penjelasan anggota badan yang digerakkan, maupun bacaan yang harus dibaca ketika melakukan aktifitas seperti gambar. 
  • Gerakan Sholat, berisikan nama-nama gerakan yang ada dalam sholat, mulai dari persiapan hingga salam. 

Cara mengoperasikan aplikasi ini amatlah mudah, tinggal kita pilih Gerakan Sholat, arahkan mouse dan pilih Radio Button dengan menekan lingkaran putih hingga tampak bulatan hitam tanda gerakan sudah terpilih. Lantas klik SET yang berarti mengatur Gambar dan Aktifitas Sholat sesuai dengan yang kita pilih pada Gerakan Sholat

Program ini tentu memiliki banyak kekurangan dari berbagai aspek, terutama penjelasan konten yang kurang detail dan merinci, karena fokus saya sebenarnya lebih pada pengenalan gerakan sholatnya saja. Mudah-mudahan kedepan dapat dikembangkan lebih baik lagi. 

Agar program ini dapat dimanfaatkan, disebarluaskan, ataupun ada programmer yang berbaik hati ini mengembangkan program ini. Maka diakhir postingan ini akan saya lampirkan link untuk mendownload program yang berekstensi .jar sekaligus source code lengkapnya. Sebelumnya, pengembangan program ini saya buat berdasarkan alur Object Oriented  Programming (OOP) karena tuntunan Tugas perkuliahan. Metode OOP yang saya gunakan adalah penerapan Object dan Class hingga  Enkapsulasi. 

Okey, langsung saja, ini beberapa contoh screenshot program Simulasi Gerakan Sholatnya : 


Persiapan Sholat



Takbirotul Ihrom 











Ruku'



Tasyahhud Akhir



Salam 






















Link Download 



Semoga bermanfaat kawan... 


Posted By 



Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Program Simulasi Gerakan Sholat Berbasis Gambar dengan Java OOP"

  1. gan kalo memanggil video di java gmana source codenya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah akan saya posting di lain artikel gan...

      Delete
  2. gan makasih referensi programnya, temen ane butuh contoh penggambarannya tapi basisnya dia beda menggunakan Augmented Reality untuk program shalat ini :)

    mampir di blog ane gan ... www.materi-it.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, saya juga ikut senang jika bermanfaat.

      Blog agan bagus, referensinya banyak gan.... tetap berkarya yaa

      Delete
  3. Hi, Great.. Tutorial is just awesome..It is really helpful for a newbie like me.. I am a regular follower of your blog. Really very informative post you shared here. Kindly keep blogging. If anyone wants to become a Java developer learn from Java Training in Chennai. or learn thru Java Online Training in India . Nowadays Java has tons of job opportunities on various vertical industry.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Great suggestion, Thank you for visiting and interesting my blog.

      Delete

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)