Perakitan Robot Soccer Dengan Remote Control (Bagian I)

Awal maret 2015 lalu, saya diminta oleh Ketua Jurusan (Kajur) untuk menghadap di ruangan beliau. "Ada apa?" gumam diri saya. Saya mengira pasti ada keperluan mendesak yang melibatkan diri saya untuk ikut mengatasi suatu masalah. Ternyata perkiraan saya tidak meleset jauh. Sambil menunjukkan sebuah surat resmi, beliau mengabarkan bahwa baru saja datang pemberitahuan dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung perihal kompetisi robot tingkat nasional. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Panitia Sunan Gunung Djati - Robot Competition (SGD-RC) 2015 yang berasal dari jurusan Teknik Informatika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 

Pak Cahyo, begitu mahasiswa memanggil kajur saya, mengatakan setidaknya jurusan Teknik Informatika UIN Malang harus turut andil meramaikan kompetisi tersebut. Minimal untuk membuktikan bahwa robotika di UIN Malang juga tidak kalah dari pada kampus islam yang lain. Sebelum saya menyanggupi permintaan beliau, ternyata beliau langsung menyodorkan dana sebesar 3 juta rupiah untuk pembiayaan robot yang akan dikompetisikan. Melihat semangat beliau yang begitu besar pada dunia robotika, tanpa basa basi saya pun menyanggupi untuk merakit robot yang mewakili UIN Malang. Padahal saya tidak begitu berpengalaman merakit robot selain line follower mikro yang populer itu. 

Segera saya mohon izin pamit untuk mempelajari teknis perlombaan dan menentukan kategori robot yang dilombakan. Setelah saya pelajari, ternyata kompetisi robot yang dilombakan ada 4 kategori, yaitu : 
  • Robot Line Follower Analog
  • Robot Sumo
  • Design Robot Inovatif
  • Robot Soccer
Namun, untuk tingkat mahasiswa, kompetisi yang diperkenankan hanyalah design robot inovatif dan robot soccer. Masing-masing kategori diwakili oleh tim yang beranggotakan dua orang. Oleh karena itu, saya segera mencari 3 orang yang akan saya jadikan tim work perakitan robot dan meminta bantuan seorang dosen pembimbing untuk mengarahkan dan mengevaluasi kinerja tim work. Fokus robot yang akan dikerjakan adalah robot soccer. 

Bagaimana harus memulai merakit robot soccer? Langkah awal adalah mempelajari ketentuan fisik robot soccer yang akan dibuat. Ketentuan fisik robot soccer tersebut saya dapatkan dari petunjuk teknis perlombaan. Berikut ini adalah ketentuan fisik robot soccernya : 
  1. Dimensi robot (P) 20cm X (L) 20cm X (T) 15cm beroda.
  2. Dimensi penyangga bola. Panjang 3 cm X lebar 1 cm.
  3. Bagian apapun dari robot tidak boleh melebihi ukuran maksimum yang ditentukan.
  4. Panitia akan menggunakan berbagai cara untuk mengukur robot peserta.
  5. Setiap tim terdiri dari dua robot.
  6. Robot bergerak dengan menggunakan RC berfrekuensi 27 MHz - 2,4 GHz Digital Modulasi Spectrum (DMS) atau bluetooth.
  7. Robot tidak boleh dilengkapi dengan penggangu sistem sinyal frekuensi lawan.
  8. Robot tidak boleh dilengkapi dengan perisai/perekat/senjata tajam dan yang merusak robot lawan.
  9. Kerusakan robot sebelum, ketika, dan sesudah perlombaan bukan menjadi tanggung jawab panitia.
  10. Semua robot harus diberi label dengan nama tim di bagian depan robot.
Meskipun ketentuan diatas saya pandang kurang detil, tapi setidaknya menjadi gambaran awal bagaimana kira-kira robot soccer yang nantinya harus dirakit. Maka, pertemuan awal saya bersama seluruh anggota tim adalah mendiskusikan konsep robot soccer yang dibuat. Akhirnya, menghasilkan keputusan bahwa konsep fisik robot tersebut adalah robot petarung (mirip batman) yang memiliki 4 roda. Roda depan tanpa motor, dan roda belakang menggunakan motor. 

Sebelum merakit robot secara mekanis, diperlukan sebuah desain robot sebagai gambaran visual dan perwujudan dari konsep  robot soccer. Berikut ini desain robot soccer yang telah kami buat : 

Desain Robot Socccer Tampak Atas (Tanpa Roda)

Desain Robot Soccer Tampak Atas (Dengan Roda)

Robot Soccer Tampak Samping

Mohon maaf, saya tidak menyertakan ukuran tertentu pada tiap bagian desain. Namun, desain ukuran robot yang kami buat tersebut tidak menyimpang dari ketentuan fisik yang telah dipaparkan diatas jika dicetak. 

Bagi teman-teman yang berniat untuk mengetahui gambar asli robot soccer tersebut sebagai referensi maupun untuk dicetak, berikut saya siapkan link untuk download desain. Sebagai tambahan saya sertakan pula file .cdr dari corel draw agar bisa diedit ulang. 

Untuk penjelasan perakitan robot soccer mekanis, akan saya jabarkan pada bagian II. Sekian, semoga bermanfaat... 

Salam hangat





  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perakitan Robot Soccer Dengan Remote Control (Bagian I)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)