Instalasi Frawework JADE dan Menjalankan Remote Agent Management GUI pada Java

JADE (Java Agent Development Framework) adalah middleware yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi peer to peer yang berdasarkan pada paradigma agent. Sesuai namanya bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan agent dalam JADE adalah Java. Apa itu middleware? Istilah middleware dalam dunia komputer biasanya diberikan kepada suatu obyek yang bertugas menjembatani heterogenitas lingkungan seperti sistem operasi, aplikasi, bahasa pemrograman, jaringan, dan lain-lain sehingga kerumitan menjadi transparan bagi pengguna atau aplikasi yang menggunakannya.

Bagaimana Prinsip Kerja JADE ?

JADE sebagai middleware yang memberikan fasilitas untuk pengembangan sistem berbasiskan agent menyediakan :
  1. Runtime environment yang menjadi tempat di mana agent dapat berjalan dan harus aktif pada host dimana agent akan bekerja.
  2. Pustaka berupa kelas-kelas yang dapat/harus digunakan untuk mengembangkan agent.
  3. Sekumpulan graphic tool yang digunakan untuk melakukan administrasi dan monitoring terhadap aktivitas agent yang sedang berjalan pada runtime environment.
Runtime environement dalam JADE dikenal dengan istilah container. Satu host dapat menjalankan lebih dari satu container dan setiap container bisa menangani beberapa agent. Sekumpulan container yang aktif disebut sebagai platform. Sebuah platform dapat memiliki container yang berasal dari host yang berbeda-beda. Satu platform harus memiliki satu container yang memiliki atribut sebagai main container yang aktif. Semua container yang aktif dan ingin bergabung dalam sebuah platform harus bergabung dengan mendaftarkan diri pada main container dan tidak boleh beratribut sebagai main container atau disebut juga normal container.

Selain menerima pendaftaran dari normal container sebuah main container selalu memiliki dua buah agent yang aktif secara otomatis ketika main container dijalankan. Kedua agent itu adalah:
  1. AMS (Agent Management System) yang menyediakan naming service yang memastikan setiap agent dalam platform memiliki identitas yang unik. Selain itu AMS dapat merepresentasikan otoritas dalam platform di mana melalui AMS kita dapat menjalankan atau menghentikan agent dalam container yang terdaftar.
  2. DF (Directory Facilitator) adalah agent yang berfungsi sebagai “yellow pages” bagi platform. Melalui DF sebuah agent dapat mencari agent yang aktif dan layanan yang diberikan agent tersebut.
Langkah-langkah untuk menjalankan JADE dengan mengikut sertakan RAM (Remote Agent Management) :

Mempersiapkan libraries sesuai dengan versi yang digunakan : Misalkan JADE versi 4 hanya perlu jade.jar dan commons-codec-1.3.jar, jika teman-teman belum memiliki library JADE seperti yang disebutkan tadi, silakan download : JADE Framework 4.3.3 dan common-codec-1.3.jar sedangkan versi di bawahnya terdapat tambahan iiop.jar, http.jar, jadeTools.jar (download sendiri ya). Tambahkan library tersebut pada project teman-teman : 

Pemasangan Libraries
Melakukan konfigurasi dengan cara klik kanan di project -> set configuration -> customize -> kemudian buat configurasi baru dan mengisi main class dengan jade.Boot dan argument -gui lalu OK

Mengatur Konfigurasi
Mengatur Project Properties
Setelah itu, kik kanan pada project java, pilih run,  untuk menampilkan Remote Agent Manajement GUI dari JADE. Setelah dijalankan akan muncul tampilan gui dari JADE sebagai berikut : 

RAM JADE
Baiklah, sampai disini penjelasan tentang dasar-dasar Jade beserta instalasinya. Pada postingan lain, insya Allah akan saya sampaikan tentang penjelasan JADE lebih lanjut, seperti behaviour, pembuatan kelas agent untuk pengiriman maupun penerimaan, dll. Sekian dulu, semoga penjelasan singkat ini bermanfaat. 


Salam hangat




 


0 Response to "Instalasi Frawework JADE dan Menjalankan Remote Agent Management GUI pada Java"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel