Pengalaman Mengikuti Sertifikasi Junior Programming BPPTIK KOMINFO

Awal juni 2015 kemarin, saya bersama beberapa rekan mahasiswa UIN Maliki Malang berkesempatan untuk mengikuti sertifikasi yang diselenggarakan atas kerjasama Lembaga Sertifikasi Profesi TIK dan Balai Pengembangan dan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Saya merasa beruntung sekali dapat ikut sertifikasi ini, mengingat di website resminya BPPTIK KOMINFO, jumlah pesertanya sangat terbatas (maksimal 60 orang), itu pun harus bersaing ketat dengan ribuan peserta se-Indonesia. 
Konon kabar yang saya peroleh dari panitia sertifikasi, lembaga yang berwenang lagi baik hati untuk menyelenggarakan sertifikasi di berbagai kota besar di Indonesia, termasuk Kota Malang. Waktu itu, pesertanya juga dibatasi hanya 80 orang saja. Sertifikasi dilaksanakan di Hotel Atria, Kota Malang selama 3 hari 3 malam berturut-turut (Jumat, Sabtu, Minggu) tanggal 12 - 14 Juni 2015. Beberapa klaster yang dapat dipilih peserta sertifikasi antara lain : 
  1. Klaster : Practical Office Advance
  2. Klaster : Junior Programming
  3. Klaster : Junior Networking
  4. Klaster : Junior Multimedia
  5. Klaster : Grafika Fundamental 
  6. Klaster : Computer Tecnical Support dan Assembly 
Tiap peserta termasuk saya, hanya dapat mengikuti maksimal satu klaster sertifikasi. So, saya lebih memilih junior programming karena merasa lebih menguasai klaster itu dibanding yang lain. Lagipula, sangat sia-sia apabila hasil akhir penilaian sertifikasi tersebut nantinya dinyatakan tidak lulus, hanya karena tidak kompeten akibat salah pilih klaster. Teman-teman saya juga memilih klaster sesuai dengan yang diminati, kebanyakan Junior Programming dan Junior Networking. Dan ada pula yang kesannya 'pilih aman' dengan memilih klaster Practical Office Advance. Ya.. Boleh-boleh saja sih, asal hasil akhirnya nanti sesuai dengan harapan. 

Sambutan Ketua LSP TIK
Dalam sambutannya ketika pembukaan acara, panitia sertifikasi mengharapkan adanya sertifikasi ini bertujuan untuk memfasilitasi para peserta agar mendapatkan sertifikat sesuai bidang keahlian. Sertifikat itu nantinya dapat membuktikan kepada perusahaan atau instansi bahwa tenaga kerja tersebut dinyatakan berkompeten dalam bidang keahlian tertentu. Hal itu dibutuhkan karena bekal ijazah saja dirasa tidak cukup, terutama lulusan teknik informatika baik mahasiswa maupun SMK.

Secara garis besar, proses sertifikasi dibagi menjadi dua tahapan, yaitu tahap bimbingan klaster dan tahap ujian sertifikasi. Proses bimbingan klaster dilaksanakan selama dua hari, dari hari jumat siang hingga sabtu pagi, lantas dilanjutkan dengan ujian tulis pada hari sabtu siang hingga sore. Proses dilanjutkan dengan ujian lisan (wawancara) pada hari minggu, pagi sampai sore.

Pada tahap bimbingan klaster, tiap peserta dikelompokkan sesuai dengan bidang klaster masing-masing dan tiap klaster akan dibimbing oleh satu tutor. Saya sendiri berkumpul dengan puluhan peserta dari klaster Junior Programming. Kami diberikan modul bimbingan yang berisi kisi-kisi materi yang akan diujikan untuk Junior Programming, singkatnya antara lain :
  1. Menjaga Etika
  2. Membuat Algoritma Pemrograman Dasar
  3. Membuat Algoritma Pemrograman Lanjut
  4. Membuat Struktur Data
  5. Menulis Program Dasar
  6. Mengoperasikan Aplikasi Basis Data
  7. Membuat Dokumen Kode Program
Tiap poin diatas sebenarnya memiliki banyak sekali jabaran subpoinnya. Saya tidak menyebutkannya satu persatu karena terlalu banyak. Lagipula tiap subpoin tersebut hanya beberapa saja yang nantinya diujikan untuk ujian sertifikasi.

Bagaimana dengan materi untuk klaster lain? Karena saya sendiri hanya mengikuti klaster Junior Programming, maka untuk yang lain saya berikan gambaran sekilas saja. Kebetulan saya sempat memotret rangkuman materi yang diujikan tiap klaster :

Rangkuman Materi yang diujikan tiap klaster

Teman-teman bisa baca sendiri ya......

Terus bagaimana ujian sertifikasinya? kok gak dijelasin?
Sabar ya, untuk penjelasan dan pembahasan soal ujian (Junior Programming saja) akan saya jelaskan pada postingan yang lain. Tunggu saja.

Semoga cerita singkat diatas bermanfaat ya...

==== Update ====

Akhirnya, hasil sertifikasi saya sudah keluar. Bisa buat motivasi bagi teman-teman yang ingin mendapatkannya pula.




Salam Hangat



Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Pengalaman Mengikuti Sertifikasi Junior Programming BPPTIK KOMINFO"

  1. saya pernah ikut sertifikasi penyambungan serat optik

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diceritain gan, bisa sama-sama dapet pengalaman

      Delete
  2. Mas, Kalo boleh tau kira2 gambaran tes wawancaranya seperti apa ya?

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)