Source Code Untuk Memutar Audio Bertipe WAV Menggunakan Java

Saya seringkali ditanya oleh beberapa teman yang kesulitan membuat program untuk memutar audio menggunakan pemrograman java. Sebenarnya saya agak ogah-ogahan mengajari cara ngodingnya. Bukan berarti saya pelit ilmu, karena alasan mendasar saya adalah tutorial untuk memutar audio menggunakan java begitu berjubel banyaknya di dunia maya, entah mau bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Maka, cukup saya minta mereka agar cari saja di internet. Namun anehnya, mereka juga punya alasan konyol, "Kami sudah coba nyari-nyari, eh ternyata banyak yang tidak sesuai dengan kemauan kami, atau malah banyak yang error ketika di run".  Aduh, tepok jidat. Emang kalau dasarnya ingin yang instan dan tinggal run ya sukanya begitu, ingin cari yang langsung bener. 

Baiklah langsung saja, saya akan jelaskan mengenai bagaimana cara untuk memutar audio menggunakan java. Untuk kali ini, audio yang dimaksud sebatas tipe WAV saja ya, jika memutar audio dengan tipe lain belum tentu bisa.

Program pemutar audio berikut dibuat tanpa repot-repot menggunakan Java Media Framework (JMF), kita tidak membutuhkan itu karena library bawaan java sendiri sudah menyediakan fitur untuk AudioClip yang didalamnya meliputi kemampuan untuk memutar dan menghentikan audio. berikut ini adalah source code-nya, silakan kalau mau di copas :

import java.applet.Applet;
import java.applet.AudioClip;
import java.net.URL;

/**
 *
 * @author CHARIS
 */
public class musikku {
    private static AudioClip musik ;
    
    public void mainMusik(String source){
        URL url = this.getClass().getResource(source) ;
        musik = Applet.newAudioClip(url);
        musik.play();
    }
    public void stopMusik(String source){
        URL url = this.getClass().getResource(source) ;
        musik = Applet.newAudioClip(url) ;
        musik.stop();
    }
    public static void main(String[] args) {
        musikku sik = new musikku();
        sik.mainMusik("musik.wav");
    }
}
Baiklah, saya jelaskan sekilas, variabel musik adalah nama objek yang saya buat dari class AudioClip pada library java.Applet, variabel tersebut digunakan untuk menampung file audio yang berasal dari url atau asal audio.

Saya membuat dua prosedur, yang pertama prosedur untuk mulai memutar audio yaitu mainMusik dan prosedur untuk menghentikan putaran audio yaitu stopMusik. Namun, yang saya tuliskan pada Main class hanya perintah untuk memutar musik saja.

Lebih seru lagi, jika teman-teman mau mengembangkan program sederhana diatas menjadi bentuk GUI agar lebih menarik. Sehingga terdapat fitur untuk start, stop, ataupun pause. Lantas, darimana source audionya? disana file audio dipanggil dengan "musik.wav", file itu saya letakkan satu pagkage dengan file musikku.java, seperti ini :









Jika pengaturan telah selesai semua, maka program diatas dapat dijalankan. Jika tidak ada error maka seharusnya telinga teman-teman sudah mendengar audio yang diputar... (^_^)...

Jika masih ada error, coba diteliti lagi dan dibaca petunjuknya. Semoga bermanfaat ya....

Salam



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Source Code Untuk Memutar Audio Bertipe WAV Menggunakan Java"

  1. Hi, Great.. Tutorial is just awesome..It is really helpful for a newbie like me.. I am a regular follower of your blog. Really very informative post you shared here. Kindly keep blogging. If anyone wants to become a Java developer learn from Java Training in Chennai. or learn thru Java Online Training from India . Nowadays Java has tons of job opportunities on various vertical industry.

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)