Makalah : Biografi dan Jalan Pemikiran Imam Syafi'i dan Imam Hambali

Sejarah dan perkembangan ilmu fiqh tidak bisa lepas dari peranan penting para ulama mujtahid fiqh yang telah menggali lebih dalam berbagai persoalan hokum dengan mengembangkan prinsip-prinsip hokum yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Hingga hasil ijtihad tersebut akhirnya terkumpul menjadi sebuah jalan pemikiran mujtahid yang popular disebut madzab. 

Mempelajari sosok pemilik madzab fiqh akan membantu kita untuk mempelajari secara detail usaha yang dilakukan oleh ulama tersebut dalam membangun bangunan kemadzabannya. Hal ini akan memberikan kita gambaran tentang bagaimana metode yang digunakan oleh ulama tersebut. 

Untuk mendalami ilmu fiqh, mengenal riwayat hidup para mujtahid merupakan sebuah kewajiban, sebab hal ini akan mengantarkan mereka kepada pengenalan sejarah terbentuknya suatu madzab. Dengan demikian, mengenal sosok peletak dasar sebuah madzab adalah suatu upaya menyerap madzab dari sumber aslinya.  

Dari sekian banyak madzab ulama dalam ilmu fiqh, kami memfokuskan pembahasan mengenai biografi dan jalan pemikiran Imam Syafi’I dan Imam Hambali. Semoga pembahasan dalam makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita terutama untuk memperluas wawasan keilmuan fiqh kita.  

*****

Berikut ini saya lampirkan file makalah tentang biografi dan pemikiran Imam Syafi'i dan Imam Hambali beserta file presentasinya. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah : Biografi dan Jalan Pemikiran Imam Syafi'i dan Imam Hambali"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)