Makalah : Negara Kewarganegaraan dan Bela Negara

Negara sebagai suatu identitas adalah abstrak. Yang tampak adalah unsur-unsur negara yang berupa rakyat, wilayah, dan pemerintah. Rakyat merupakan salah satu unsur wilayah dan unsur pemerintah (Dwiyatmi, 2012). Mereka yang tinggal di wilayah negara menjadi penduduk negara yang bersangkutan. 

Warga negara adalah bagian dari penduduk suatu negara. Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban masing-masing yang harus dilakukan terhadap negaranya. Sebaliknya negara mempunyai hak dan kewajiban terhadap warganya. Segala sesuatu tentang hak dan kewajiban tersebut sudah diatur oleh negara. Dan demi terwujudnya kesejahteraan setiap warga negara kita harus dapat menyeimbangkan antara hak dan kewajiban (Dwiyatmi, 2012).

Pemahaman yang baik mengenai hubungan antara warga negara dengan negara sangat penting untuk mengembangkan hubungan yang harmonis, konstruktif, produktif, dan demokratis sehingga pola hubungan yang baik antara warga negara dengan negara dapat mendukung kelangsungan hidup bernegara.

Perkembangan lingkungan baik global, regional, maupun nasional yang terjadi akhir-akhir ini sangat erat kaitanya dengan upaya bela negara yang menjadi hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia. Kondisi perkembangan lingkungan sangat menarik sebagai bahan kajian, terutama apabila dikaitkan dengan sebuah negara, warga negara maupun upaya bela negara karena pada dasarnya hal ini merupakan peluang dan sekaligus tantangan bagi ketahanan nasional bangsa Indonesia.
Kesadaran bela negara sejatinya perlu ditumbuhkan dikalangan masyarakat dalam suatu negara. Hal ini dikarenakan untuk menumbuhkan jiwa memiliki (nasionalisme) kepada bangsa dan negara serta siap sedia dalam memperjuangkan dan membela bangsa dari segala ancaman dan kerusakan baik dari dalam dan luar. Terutama adalah generasi muda yang memiliki kelebihan yang luar biasa dalam diri mereka.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah : Negara Kewarganegaraan dan Bela Negara"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)