Rancang Bangun Robot Terbang Model Quadcopter Sebagai Sarana Pemantau Jarak Jauh Menggunakan Mikrokontroller Atmega128

Pesawat Quadcopter merupakan sebuah miniatur pesawat udara jenis rotary wing, pesawat yang mempunyai sayap bergerak/berputar. Quadcopter merupakan jenis miniatur helikopter yang memiliki 4 buah rotor.  Quadcopter merupakan bagian dari kategori Vertikal Take Off and Landing-Unmanned Aerial Kendaraan (VTOL UAV) karena dapat lepas landas dan mendarat tanpa perlu suatu landasan yang kuat. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Quadcopter yang terbang tanpa sayap seperti pesawat terbang, tetapi menggunakan empat rotor (baling-baling) di setiap sudut. Setiap motor dan baling-baling pada Quadcopter memiliki peran dalam menghasilkan daya dorong dan torsi dari titik pusat rotasi. Hasilnya akan mengarah pada gaya angkat untuk Quadcopter. Gaya angkat ini dapat membuat Quadcopter terbang di udara (Ashari, 2012). 

Seiring perubahan zaman, pemanfaatan quadcopter sebagai robot udara/robot terbang semakin berkembang bukan hanya sebuah permainan dan seni menerbangkan pesawat tanpa awak namun pemanfaatan quadcopter juga digunakan untuk kegiatan pengintaian, pemetaan lokasi, pengambilan gambar dari atas udara baik yang bergerak (video) maupun yang tidak bergerak (foto), dan pemantauan lokasi korban bencana alam yang sulit dijangkau oleh kendaraan. Pemanfaatan quadcopter sudah merambah diberbagai bidang diantaranya bidang militer, fotografi, sinematografi, geografi, dan berbagai bidang lainnya (Asrul, 2014). 

Hal ini memicu para peneliti untuk melakukan eksprimen-eksprimen untuk pengembangan teknologi system kendali robot terbang model quadcopter. Oleh karena itu, latar belakang tersebut juga memacu penulis untuk melakukan penelitian terhadap system kendali robot terbang model quadcopter yang ditujukan untuk melakukan pemantauan jarak jauh, seperti pemantauan objek bangunan, kendaraan ataupun bahkan dapat memantau korban bencana alam dari ketinggian. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rancang Bangun Robot Terbang Model Quadcopter Sebagai Sarana Pemantau Jarak Jauh Menggunakan Mikrokontroller Atmega128"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)