Proyek Arduino 4 : Animasi Grafik Menggunakan 2.4" TFT Touch Shield Arduino

2.4 inch TFT LCD Touch Screen Module Shield adalah salah satu shield yang dapat digunakan oleh Arduino Uno atau Arduino Mega untuk menampilkan visualisasi grafik, bahkan dilengkapi dengan LCD layar sentuh yang dapat mendeteksi jari tangan atau stylus. Namun kali ini, proyek yang akan dikerjakan belum menyentuh ke ranah touch screen, melainkan hanya menampilkan animasi grafik. Animasi grafik dimaksudkan untuk mengecek bahwa LCD pada 2.4" TFT Shield berfungsi dengan baik.



Gambar 1. Komponen yang dibutuhkan
Adapun komponen yang kita butuhkan antara lain : 
  1. Arduino Uno 
  2. TFT Touch Shield 2.4 inci 
  3. Kabel serial
Kemudian, hubungkan TFT Shield ke arduino uno. Pastikan posisi kaki pin TFT Shield terpasang dengan baik dan tidak terbalik.

Gambar 2 Pemasangan TFT Shield dengan Arduino Uno
Jika sudah terpasang, hubungkan kabel serial pada arduino dengan colokan USB pada laptop, seharusnya LCD TFT Shield sudah menyala dengan memunculkan warna putih. Hal itu menunjukkan bahwa TFT shield sudah siap untuk diprogram. Sebelumnya, download dulu library TFT Touch Shield yang dibutuhkan, dapat di download di Librari TFT Shield Arduino. Instalasi library pada arduino sangat mudah, cukup letakkan hasil ekstraksi rar tersebut ke dalam folder libraries pada folder arduino yaitu pada C:\Users\CHARIS\Documents\Arduino\libraries.

Program arduino yang berfungsi untuk menampilkan grafik, dapat di download di  Proyek_TesGrafik. Langsung saja ekstraksi proyek tersebut pada C:\Users\CHARIS\Documents\Arduino kemudian upload pada arduino.

 
Gambar 3 Hasil Animasi Grafik
Jika tidak ada error, maka pada layar LCD TFT Shield muncul berbagai macam animasi dengan aneka warna secara bergantian. Lalu diakhiri dengan tulisan seperti pada gambar 4 berikut :

Gambar 4 Hasil animasi Grafik
Demikian ulasan ringkas untuk menampilkan Animasi Grafik Menggunakan 2.4" TFT Touch Shield pada Arduino Uno. Ulasan berikutnya adalah mengenai implementasi touch screen pada 2.4" TFT Touch Shield. Semoga bermanfaat bagi teman-teman.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Proyek Arduino 4 : Animasi Grafik Menggunakan 2.4" TFT Touch Shield Arduino"

  1. Ajarin menampilkan file bitmap di 2,4" tft LCD ini dong mas. Masih bingung nih.

    Thank you sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. gan punya saya kok warnanya negative yaa? (kebalikan)

    ReplyDelete
  3. gan kenapa yang punya saya ko tampilannya dua gt ya??

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)