CPN Tools : Pengenalan Tool Box dan Palette

CPN Tools adalah perkakas bantu yang digunakan untuk mengedit, mensimulasi dan menganalisis Coloured Petri Net (CPN).  CPN Tools dikembangkan oleh CPN Group Aarchus University pada tahun 2000 hingga 2010. Namun sejak tahun 2010, pengembangan CPN Tools diambil alih oleh AIS Group, Eindhoven University of Technology, Belanda. Modul ini menggunakan CPN Tools versi 4, tersedia di laman resminya http://cpntools.org/download . Selain versi 4, CPN Tools versi sebelumnya juga masih tersedia.

Gambar 1 Interface CPN Tools

Setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasi CPN Tools. Kemudian terlihat tampilan user interface seperti pada gambar 1. Bagian pertama yang perlu diketahui oleh pengguna adalah index. Sebagaimana pada gambar 1, index terletak di sisi kiri CPN Tools. Index terdiri atas :
  • Tool box : berisikan kumpulan palette yang tersedia di CPN Tools.
  • Help : link yang menghubungkan ke dokumentasi CPN Tools, laman CPN Tools serta report bug.  
  • Option : menampilkan berbagai pilihan opsi, misalnya simulasi.  
  • Overview of a net : menampilkan nets yang sedang dibuka pada tools. Pada gambar 1, belum terdapat overview of a net karena belum terdapat nets yang sedang diproses.  

Index yang memerlukan penjelasan lebih detail adalah index Tool box. Tool box  Berisikan kumpulan palette yang tersedia dalam tool, sebagaimana yang ditampilkan pada gambar 2. Untuk mengakses palette pada Tool box, buka index Tool box. 

Gambar 2 Available Pallete 
Pilih salah satu palette tool yang digunakan, klik kiri dan drag ke halaman kerja untuk membukanya. Kita juga dapat menampilkan beberapa palette tool secara bersamaan. Keseluruhan palette ditampilkan pada gambar 3. 

Gambar 3 Kumpulan pallete pada toolbox
Adapaun fungsi palette pada Tools box antara lain : 
  • Auxiliary tools digunakan saat membuat elemen tambahan. Terdiri dari 3 elemen, yaitu rectangle, ellipse dan text. 
  • Create tools digunakan saat membuat dan bekerja dengan struktur dasar net. Tools ini berisikan elemen untuk membuat, menghapus dan kloning elemen net dasar, meliputi : places, transitions dan arcs. Selain itu, juga berisikan magnetic guidline secara horizontal dan vertikal untuk mempermudah penyelarasan net. 
  • Declare
  • Hierarchy tools digunakan untuk mengedit struktur hirarki pada net. Palette ini berisikan alat untuk menata struktur net secara bottom-up dan top-down.   
  • Monitoring tools digunakan untuk membuat monitor
  • Net tools digunakan untuk membuka dan menyimpan net, atau menambahkan halaman baru pada net yang ada. 
  • Simulation tools digunakan untuk mensimulasikan net
  • State space tools digunakan untuk menghitung state space, mentransfer state diantara simulator dan state space tool dan men-generate laporan state space.
  • Style tools digunakan untuk menandai struktur yang penting dari net dengan warna, ketebalan garis, dll, dengan tujuan agar mudah dibaca.
  • View tools digunakan untuk merubah tampilan halaman dan elemen melalui pengelompokan dan zooming. 
Setelah mengetahui macam-macam palette pada Tool box, selanjutnya adalah praktik untuk membuat model CPN sederhana menggunakan palette. Untuk membuat halaman baru, klik kanan pada workspace, lalu pilih New net atau pilih Load net untuk membuka net yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian pilih palette create untuk membuat model CPN. Halaman baru dan palette create ditampilkan pada gambar 4. 

Gambar 4. Halaman Kerja Baru pada CPN Tools
Lanjutkan untuk membentuk suatu model proses yang dapat disimulasikan menggunakan CPN Tools. Tutorial lain mengenai CPN Tools akan saya jelaskan di lain waktu. Selamat mencoba !

0 Response to "CPN Tools : Pengenalan Tool Box dan Palette "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel