Aktivitas Yang Sebaiknya Dilakukan Dalam Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak

Wiegers (2003) menyarankan beberapa aktivitas yang seharusnya dilakukan dalam analisis kebutuhan perangkat lunak. Beberapa aktivitas yang sebaiknya dilakukan antara lain:

Ilustrasi Kesalahpahaman antara pihak pengembang dan pihak manajemen 
  1. Menggambar Diagram Konteks
    Diagram konteks adalah model analisis sederhana yang dapat menunjukkan bagaimana sistem baru dapat cocok dengan lingkungannya. Diagram ini dapat mendefinisikan batasan (boundry) dan antarmuka (interface) antara sistem yang akan dibangun dengan entitas luar dari sebuah sistem seperti pengguna, perangkat komputer, dan informasi lainnya.
  2. Membangun Prototipe
    Apabila pengembang atau pengguna tidak yakin dengan suatu kebutuhan, bangunlah prototipe sebagai implementasi awal untuk merepresentasikan konsep dan kemungkinan-kemungkinan menjadi lebih nyata, salah satunya dengan membangun prototipe. 
  3. Menganalisis Kelayakan 
    Mengevaluasi kelayaan dari pelaksanaan setiap kebutuhan dar aspek biaya maupun unjuk kerja yang dapat diterima di lingkungan operasi yang dituju
  4. Memberikan Prioritas 
    Menerapkan pendekatan analisis untuk menentukan prioritas pelaksanaan relatif dari fitur produk, kasus penggunaan, atau kebutuhan individu. 
  5. Memodelkan Kebutuhan 
    Merupakan model analisis secara grafis pada abstraksi level atas. Model ini dapat menemukan kebutuhan yang tidak sesuai, yang tidak konsisten, yang hilang dan kebutuhan yang berlebihan. 
  6. Membuat Kamus Data 
    Mendefinisikan semua item data dan struktur
  7. Mengalokasikan Kebutuhan ke dalam Sub-Sub Sistem
    Kebutuhan untuk suatu produk yang kompleks yang berisikan beberapa sub-sistem harus dibagi di antara berbagai perangkat lunak, perangkat keras, manusia, dan komponen 
  8. Mengaplikasikan Quality Function Deployment (QFD)
    QFD adalah teknik yang menghubungkan fitur produk dan atribut dengan suatu metrik penilaian tertentu. QFD menyediakan cara analisis untuk mengidentifikasikan fitur-fitur yang akan memberikan kepuasan terbesar bagi pelanggan.  
Demikian beberapa poin penting berkaitan dengan aktivitas yang sebaiknya dilakukan dalam analisis kebutuhan perangkat lunak. Semoga bermanfaat 

Sumber materi : Buku Analisa Kebutuhan dalam Rekayasa Perangkat Lunak oleh Daniel Siahaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aktivitas Yang Sebaiknya Dilakukan Dalam Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)