Process Mining dan Berbagai Tools Yang Dibutuhkan

Process mining 
Process mining  (penambangan proses) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membangun suatu model proses  yang berdasarkan data event log  yang tersedia.  Teknik pada  process mining  bertujuan untuk  discovering, monitoring, serta improving  suatu proses  dengan menggunakan  event log. Teknik  process mining  berawal dari mengekstraksi pengetahuan yang berasal dari event  log  yang tersedia.  Process mining  sendiri terdiri dari process  discovery  (ekstraksi model proses dari  event  log),  conformance checking, (monitoring penyimpangan dengan membandingkan model yang ada dengan event log),  organizational mining,  automated construction of simulation model, model extention, model repair, case prediction, dan recommendation [1]. 

Untuk mengimplementasikan process mining ini, digunakan YAWL, ProM, dan CPN Tools sebagai perkakas bantu utama. YAWL digunakan sebagai sistem manajemen workflow yang akan menghasilkan desain dengan kualitas tinggi, dapat disimulasikan serta dihasilkan rekaman event log-nya. ProM digunakan untuk menganalisa event log melalui model proses yang dihasilkan melalui algoritma tertentu. Sedangkan, CPN Tools digunakan untuk mensimulasikan model proses yang dihasilkan dari ProM [2]. 

Adapun perkakas bantu yang dibutuhkan untuk process mining antara lain:



YAWL merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mensimulasikan workflow sistem bisnis menggunakan sebuah bahasa modeling 


Disco (Anne Rozinat, 2012) adalah kakas bantu proses mining dari Fluxicon yang membuat proses mining cepat, mudah, dan simpel. Fungsi utama dari Disco adalah mengubah ekstensi file yang berupa .csv, .xls atau .xlsx, dan .txt menjadi ekstensi file yang dapat dianalisis oleh proses mining berupa .mxml dan .xes. Disco juga mempunyai banyak fitur. Salah satu fiturnya adalah menyaring informasi yang penting yang dapat digunakan pada process mining.



PROM adalah kakas bantu yang digunakan untuk menganalisa dan menggambarkan proses berdasarkan data. Terdapat dua versi dari PROM yaitu PROM 5.2 dan PROM 6, dimana PROM 5.2 yang menurut saya lebih sesuai untuk para pemula. Terdapat beberapa pilihan algoritma pada PROM yang dapat digunakan untuk menganalisa proses. 


CPN TOOLS

CPN Tools adalah kakas bantu yang digunakan untuk mengedit, mensimulasi dan menganalisis Coloured Petri Net (CPN) yang dihasilkan oleh ProM.  CPN Tools dikembangkan oleh CPN Group Aarchus University pada tahun 2000 hingga 2010. Namun sejak tahun 2010, pengembangan CPN Tools diambil alih oleh AIS Group, Eindhoven University of Technology, Belanda.



Referensi 
  1. A.J.M.M. Weijters, W.M.P. var der Aalst and A.K. Alves de Medeiros.  (n.d.).  Process  Mining with the Heuristics Miner Algorithm. Eindhoven, Netherland: Eindhoven University of Technology.
  2. R. Sarno, et al. 2017. Manajemen Proses Bisnis : Model dan Simulasi. Surabaya: ITS Tekno Sains

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Process Mining dan Berbagai Tools Yang Dibutuhkan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)