Mengatasi Earning at Risk, Menambahkan ID Publisher Adsense Menggunakan ads.txt Pada Blogspot


Secara tiba-tiba, muncul peringatan merah pada akun adsense saya. Sebelumnya memang pernah mengalami peringatan merah perihal permintaan verifikasi alamat via kartu pos yang dikirimkan Google Adsense, namun peringatan verifikasi alamat memang sangat wajar dan pasti dialami oleh teman-teman pegiat adsense. Tapi untuk peringatan kali ini rasanya saya belum pernah tahu. Saya coba cek dengan menelusuri forum adsense, ternyata ada beberapa teman yang mengalami hal serupa.

Tulisan peringatannya seperti yang saya screen shot pada gambar. Intinya adalah Earning at risk, atau penghasilan beresiko. Alasannya, kita belum mencantumkan ID Publisher Adsense pada ads.txt. Nah, file ads.txt ini diletakkan pada root hosting. Misalkan, domain saya charisfauzan.net, maka file ads.txt diletakkan di charisfauzan.net/ads.txt. Didalam file ads.txt, adsense telah memberikan petunjuk dengan meminta kita untuk meng-copy paste tulisan yang berisikan id publisher adsense. Mengikuti petunjuk yang telah tersedia, masalah akan teratasi, sebenarnya cukup simpel bukan?

Pertanyaannya sekarang, bagaimana menambahkan file ads.txt pada hosting bawaan blogspot, bukan pada hosting berbayar? Seandainya file ads.txt dipasang di hosting berbayar, tentu mudah saja, tinggal buka cpanel dan cari rootnya. Kalau pada blogspot? Ternyata banyak yang belum tahu. Bahkan di forum yang saya kunjungi, mereka yang mengalami ini justru menyarankan untuk mengabaikan masalah ini. Alasan mereka, karena ini hanya rekomendasi dari Google Adsense, sehingga tidak diikuti pun tidak ada masalah. Ditambah lagi, saya sebelumnya juga bingung untuk menambahkan ads.txt pada blogspot, jadilah saya juga ikutan mengabaikan, dengan harapan mungkin masalah ini hilang sendiri keesokan harinya.

Keesokan harinya, kejutan pun datang. Penghasilan adsense tiba-tiba 0 rupiah. Saya agak panik dan mengira blog saya telah di-banned, saya lihat iklan di blog hilang di semua posting dan beranda. Saya coba cek di website khusus untuk mengecek status banned. Ternyata blog saya tidak di-banned. Lantas apa masalahnya? Saya curiga iklan di blog tidak tampil gara-gara belum menyelesaikan masalah  ads.txt tadi. Saya coba untuk mencari cara bagaimana menambahkan ads.txt pada blogspot. Muter-muter seharian di dunia maya dan forum-forum asing, eh ketemu juga caranya. Saya nemukan caranya dari situs pegiat adsense India, jauh juga ya. Mumpung sudah faham, sekarang giliran saya untuk share ke teman-teman.

Caranya ternyata guampang pakai banget....

  1. Masuk ke dasbor blogger
  2. Cari Setelan
  3. Cari Preferensi Penelusuran
  4. Pada bagian monetisasi, edit dan copy-kan id publisher kemudian aktifkan
  5. Simpan perubahan



Sekarang, file ads.txt bisa langsung di cek di blog teman-teman. Misal di blog saya, bisa di cek di charisfauzan.net/ads.txt. Tunggu dalam waktu 1x24 jam, Google Adsense otomatis akan mendeteksi perubahan. Sesuai dengan yang saya alami, keesokan harinya iklan di blog saya kembali tampil dengan normal. Alhamdulillah....

Semoga pengalaman ini bermanfaat. Semangat para pejuang adsense!!!!!!!!!

Jika teman-teman ingin melihat versi videonya, saya juga udah bikin tutorialnya. Silakan tonton!


0 Response to "Mengatasi Earning at Risk, Menambahkan ID Publisher Adsense Menggunakan ads.txt Pada Blogspot"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel