PIN Google Adsense Tak Kunjung Datang? Ambil di Kantor Pos Sekarang Juga!

Bagi para pejuang Google Adsense, salah satu tahap yang paling mendebarkan adalah menanti datangnya PIN Google Adsense. PIN Google Adsense dikirimkan dalam bentuk surat yang berisikan kode untuk verifikasi alamat. Jika verifikasi tidak dilakukan, maka penghasilan tidak bisa dicairkan. Mengenaskan bukan? Oleh karenanya, verifikasi ini hukumnya wajib 'ain. Banyak pejuang adsense yang menyebutn surat PIN ini sebagai surat cinta. Kedatangannya sangat dirindukan siang malam. Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana jika PIN dari Google Adsense tak kunjung datang? Saya akan ceritakan pengalaman saya menanti kedatangan surat cinta ini selama 3 bulan. Hasilnya, surat ini tidak pernah datang ke rumah saya. Serasa di-PHP. Sedih. Pengen nangis.

Surat Cinta

Saya memiliki akun adsense sejak awal November 2017. Penghasilan saya fokuskan dari beberapa blog yang saya kelola. Pertengahan November 2017, penghasilan saya mencapai ambang batas 10% dari 100$, sekitar Rp 135.000. Jadi, Adsense meminta saya untuk segera verifikasi alamat. Alamat yang saya tulis sengaja disamakan dengan alamat di KTP, tentu untuk berjaga berangkali PIN yang di-request benar-benar tidak sampai, maka verifikasi menggunakan KTP menjadi pilihan akhir. Tapi saya sangat berharap ada Pak Pos yang datang ke rumah dan memberikan surat PIN ini. Pertengahan November 2017, request PIN untuk pertama kalinya saya lakukan. 

Pengalaman dari teman-teman senior, PIN akan datang sekitar paling lama sebulan sejak tanggal request. Hingga pertengahan Bulan Desember 2017, tidak ada surat PIN yang datang ke rumah. Minggu akhir Desember 2017, masih tidak ada juga. Saya mulai was-was. Jangan-jangan PIN saya nyangkut di suatu tempat antah berantah. Kesabaran saya habis. Untungnya, Adsense masih memberikan kesempatan untuk request PIN kedua kalinya. Tanggal 26 Desember 2017, saya request PIN kedua. Alamatnya tetap sama bikin sama, karena alamat sesuai KTP adalah alamat yang paling jelas. 

Saya masih sabar menunggu. Sangat membosankan dan bikin khawatir. Hingga minggu akhir Januari 2018, masih tidak ada PIN yang datang ke rumah. Saya mulai panik. Saya memikirkan kemungkinan terburuk jika harus verifikasi PIN lewat KTP, saya cari turorialnya. Memang mudah sih jika verifikasi lewat KTP, tapi rasanya tidak afdhol jika tidak mendapatkan surat cinta ini. 31 Januari 2108, kesabaran saya habis. Dengan penuh keyakinan, saya request PIN yang terakhir, PIN ketiga. Saya kira setelah request PIN ketiga, maka otomatis saya bisa verifikasi lewat KTP, ternyata tidak. Saya harus menunggu lagi selama 30 hari. Wadawww.... 

1 Februari 2018, pagi-pagi saya iseng untuk searching bagaimana teman-teman adsense berjuang jika PIN tidak kunjung sampai. Menariknya, banyak dari teman-teman yang merekomendasikan untuk mengambil PIN Adsense secara langsung di Kantor Pos. Emang bisa ya? Saya searching di Youtube. Eh, ternyata emang beneran bisa. Bahkan banyak teman-teman yang berhasil menjemput surat cintanya di Kantor Pos.

Menjelang siang, sekitar pukul 11.00 WIB, saya memberanikan diri untuk mengunjungi kantor pos di pusat kecamatan. Berbekal fotocopy KTP, saya bertanya pada petugas parkir yang berjaga. "Pak, saya mau tanya perihal barang yang tidak nyampek rumah, saya harus kemana ya?" Tanya saya polos. Saya diminta untuk mendatangi meja resepsionis di dalam kantor pos. Saya masuk dan mendatangi mbak-mbak yang berjaga disana. Mbak-mbaknya masih muda sih, seperti anak SMK yang lagi praktik kerja. Jumlahnya juga banyak, sekitar 4 orang. Kepada salah seorang yang berjaga, saya bertanya.

Saya : "Mbak, mau nanya, saya dapat kiriman semacam kartu pos dari luar negeri, tapi tidak terkirim ke rumah."
Mbaknya : "Boleh minta nomor resinya mas, biar kami cek."

Ditanyai nomor resi, saya pun agak bingung. Memang dari pengalaman teman-teman yang lain, kita tidak bakal menjumpai nomor resi di beranda Adsense. Jadi nomor resi yang menyertai pengiriman surat PIN, TIDAK PERNAH ADA.

Saya : "Gini mbak, kartu pos yang dikirimkan ini memang tidak ada nomor resinya."
Mbaknya : "Hmm..."

Mungkin mbaknya agak bingung juga

Saya : "Kartu pos ini dari luar negeri mbak, mbaknya tahu Google kan? Nah, saya dikirimi kartu pos dari Google. Jadi di kartu posnya terdapat tulisan Google, lengkapnya Google Adsense."
Mbaknya : "Ya udah, boleh minta nama lengkap dan alamatnya, mas!"

Kemudian saya berikan fotocopy KTP. Salah satu dari mbak-mbak itu kemudian masuk ke tempat barang untuk mencari kartu pos dari Google Adsense atas nama saya sesuai dengan nama dan alamat yang tertera di KTP.  Saya diminta menunggu dengan tenang.

Beberapa menit berlalu....
Serasa menunggu tahunan.... Deg-degan.

Mbaknya datang.
Mbaknya : "Mas, ini kartu posnya, ternyata ada."
Saya : "Ada beneran mbak? Alhamdulillaaaaaaaaaahh".

Saya kegirangan. Ternyata tidak hanya satu surat PIN saja, bahkan saya dapat 2 surat sekaligus. Yeah. Ternyata 2 kali request PIN yang saya lakukan, keduanya sampai. Hanya saja mengapa tidak sampai ke alamat rumah ya. Saya positif thinking, mungkin petugas pos sudah datang namun rumah saya tidak ada orang

Mendapatkan 2 Surat PIN verifikasi Adsense
Itu cerita saya, teman-teman. Bagi teman-teman yang mengalami hal serupa, PIN Adsense tidak kunjung datang ke rumah, ambil di kantor pos sekarang juga. Siapkan fotocopy KTP. Jangan menyebut "surat" pada petugas yang ada di kantor pos, bilang saja "post card" atau "kartu pos" dari luar negeri. Jangan khawatir, Insya Allah ada. Asalkan, alamat yang kita tulis ketika request PIN sesuai dengan alamat di KTP. 

Pengalaman mengesankan ini juga sudah saya bikin dalam bentuk video di akun Youtube. Silakan lihat biar lebih jelas lagi.... 



Semangat para pejuang adsense!! Semoga pengalaman saya bermanfaat.





0 Response to "PIN Google Adsense Tak Kunjung Datang? Ambil di Kantor Pos Sekarang Juga!"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel