Berbekal 10.000 Poin, Survei Toluna Indonesia Terbukti Membayar Sebesar Ini

Akhir-akhir ini, saya cukup aktif dalam berpartisipasi mengikuti survei online berbayar. Ya, memang harus dibayar. Percuma kita membuang-buang waktu mengisi berbagai survei kalau waktu kita tidak diganti dengan sesuatu yang sebanding. Minimal uang, sebagai bentuk penghargaan kepada peserta survei. Sebelum tulisan ini dibuat, saya pernah membuat review dan bukti pembayaran dari salah satu survei online bernama SurveyOn. Berarti terbukti bahwa SurveiyOn bukan penipu. 


Baik, kali ini saya akan membuktikan bahwa ada salah satu survei lain yang juga terbukti membayar. Bahkan survei ini amat populer dan memiliki puluhan ribu anggota, yaitu Toluna. Karena Toluna memiliki cabang di Indonesia, maka banyak yang menyebutnya Toluna Indonesia. Untuk mendaftar Toluna, silakan mendaftarkan diri di Tonula Indonesia.

Sebagai persiapan, teman-teman hanya diwajibkan untuk memiliki akun gmail dan akun paypal (rekening online untuk menampung uang online, biasanya berupa US Dollar). Usahakan akun paypal dan akun gmail yang didaftarkan di Toluna sama. Hanya untuk berjaga-jaga dari pada uang yang kita ambil dari poin yang terkumpul gagal terkirim. 

Setelah mendaftar, kita bakal diminta untuk mengisi survei profil. Uniknya, setiap jenis profil yang kita isi bakal mendapatkan poin, walaupun agak kecil dibandingkan dengan poin survei sesungguhnya. Biasanya kisaran 100 hingga 300 untuk mengisi survei profil. Untuk survei-survei yang ditawarkan Toluna, biasanya poin yang diberikan tidak sama, tergantung dari panjangnya survei, semakin panjang semakin besar. Bahkan hingga 5000 poin per survei.

Berapakan minimal poin yang dapat ditukar dengan uang? Teman-teman harus mengumpulkan sebanyak 10.000 poin. Terlalu banyak kah? tergantung sih. Jika rajin isi survei, dimungkinkan satu minggu cukup untuk mengumpulkan poin segitu. Karena saya jarang isi survei, saya baru bisa mengumpulkan 10.000 poin selama sebulan. Kemudian, saya coba untuk menukarkan poin dengan uang. Hal ini untuk membuktikan apakah Toluna Indonesia termasuk penipu atau bukan. tanggal 16 Mei 2018, saya request penarikan uang via paypal untuk 10.000 poin. Akhirnya, uang benar-benar terkirim tanggal 31 Mei 2018. Sangat lama, dibanding SurveyOn yang hanya memakan waktu sehari.  


Ternyata, dalam mengirimkan uang via paypal saya. Toluna Indonesia telah mengkonversinya dalam US Dollar. Sesuai dengan kurs tukar rupiah terhadap US Dollar saat itu, saya mendapatkan uang senilai $1,44 USD.

Apakah kita akan mendapatkan uang lebih banyak jika mengumpulkan poin lebih dari 10.000? Tentu saja. Namun, teman-teman harus mengumpulkan dulu poin sebanyak kelipatan 10.000. Bisa 20.000 poin, 30.000 poin, dan seterusnya. Berarti uang yang dapat diambil juga berlaku kelipatannya.

10.000 poin = Rp 20.000
20.000 poin = Rp 40.000
50.000 poin = Rp 100.000

Apakah harus ditukar dengan uang. Ternyata tidak harus. Toluna juga menyediakan fasilitas imbalan lain selain uang. Misalnya pulsa, bahkan voucher belanja. Menarik bukan? Kalau saya sih lebih suka uang saja. Untuk imbalan lain selain uang, saya belum pernah membuktikan. Jika teman-teman tertarik untuk mencobanya langsung, silakan cek di Tuluna Indonesia dan buktikan sendiri.

Tapi, bukan berarti Toluna tanpa kelemahan. Ada beberapa kelemahan yang saya kurang suka. Antara lain:

  1. Lamanya waktu pengiriman uang. Pada dashboard akun saya tertulis, waktu mengiriman uang via paypal bisa memakan waktu hingga 6-7 minggu. Lama banget. Bisa lebih dari sebulan. Tapi berdasarkan pengalaman saya, ternyata tidak sampai 6 minggu. Hanya butuh 15 hari saja. 
  2. Tidak semua survei cocok dengan profil. Memang perusahaan survei membutuhkan responden yang cocok untuk mengisi surveinya. Dan Toluna bakal menyeleksi puluhan ribu usernya untuk menjadi responden berdasarkan profil masing-masing. Saya sering mengalami kejadian, ketika sudah mengisi identitas suatu survei dengan poin tinggi, tiba-tiba Toluna mengcancel survei tersebut dengan alasan profil tidak sesuai.  Mengecewakan.
Baik, sementara itu dulu yang dapat saya sampaikan ke teman-teman. Semoga Toluna menjadi salah satu alternatif survei bagi teman-teman yang mencari sampingan penghasilan via survei berbayar. Saya berani mengatakan Toluna bukan penipu. Karena saya sendiri punya bukti bahwa Toluna betul-betul membayar. 

Salam

Informatika Kita 



0 Response to "Berbekal 10.000 Poin, Survei Toluna Indonesia Terbukti Membayar Sebesar Ini"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silakan Berkomentar...
Kritik dan Saran Teman-Teman Sangat Memotivasi Saya (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel