Algoritma Chiper Block Chaining Untuk Kriptografi Teks Berbasis Java

Pada tulisan terdahulu berjudul Perhitungan Manual Algoritma Chiper Block Chaining, saya telah berjanji pada diri sendiri untuk membuat artikel implementasi algoritma Chiper Block Chaining  (CBC) menggunakan java. Jika perhitungan manual sudah selesai, implementasi di pemrograman bisa diterapkan. 

Pada kesempatan ini, janji itu saya penuhi. Saya bercita-cita untuk membuat berbagai macam implementasi algoritma dengan pemrograman java. Hal ini untuk menambah referensi dan inspirasi bagi kawan-kawan yang sedang memikirkan tugas akhir di teknik informatika. Semakin banyak tulisan saya tentang implementasi algoritma, semakin banyak referensi yang bisa dijadikan rujukan, terutama implementasi algoritma menggunakan pemrograman java. Untuk pemrograman lain selain java, saya kurang begitu ahli. Bahkan pemahaman pemrograman java saja masing sangat dangkal. Tapi, saya akan mengerjakan semampu saya. Silakan dikoreksi jika saya salah. 

Enkripsi CBC

Gambar 1. Enkripsi CBC

Gambar 1 menunjukkan tampilan antar  muka untuk enkripsi CBC. Pengguna mengentrikan plaintext yang mencakup 256 karakter ASCII. Juga input Kunci K dan Initialization Vector untuk proses enkripsi. Selanjutnya, plaintext di konversi ke kode ASCII, dan dikonversi kembali dalam bentuk biner 8 bit. Proses enkripsi pada aplikasi java sudah sesuai dengan perhitungan manual pada artikel sebelumnya, hingga mendapatkan chipertext. Plaintext untuk ujicoba adalah "Algoritma Chiper Block Chaining Untuk Kriptografi Teks", menggunakan Kunci K: 10010001 serta Initialization Vector: 10101010.


Deskripsi CBC

Gambar 2. Deskripsi CBC

Gambar 2 menunjukkan tampilan antar  muka untuk deskripsi CBC. Pengguna harus mengentrikan Kunci K dan Initialization yang sesuai dengan proses enkripsi CBC agar plaintext didapatkan kembali sesuai hasil yang diharapkan. Pada proses ini, chipertext diubah ke kode ASCII lalu diubah lagi ke biner 8 bit. Pada tampilan Plaintext, didapatkan kembali teks yang menjadi contoh proses enkripsi dan deskripsi CBC, sehingga aplikasi ini berjalan normal sebagaimana mestinya untuk mengimplementasikan kriptografi teks menggunakan algoritma chiper block chaining berbasis pemrograman java. 

Jika kawan-kawan ingin mempelajari aplikasi ini, mengembangkan menjadi aplikasi yang lebih baik dari yang saya contohkan. Tentu saya sangat bersyukur. Silakan hubungi saya via email atau WA. Semoga penjelasan ini bermanfaat. 

Post a Comment

0 Comments